JAKARTA -- Komedian Tukul Arwana sudah keluar dari rumah sakit dan pulang ke rumahnya. Tukul kembali ke rumah bertepatan dengan hari ulang tahunnya, Sabtu (16/10/2021).

Dikutip dari Kompas.com, Rizki Kimon, asisten Tukul Arwana, menjelaskan, kondisi Tukul sudah agak membaik, namun belum lancar berkomunikasi. Tukul masih menggunakan bahasa isyarat sebagai pengganti lisannya.

''Untuk komunikasi masih belum lancar, masih bergumam. Sudah melakukan isyarat-isyarat paling. Misalkan, 'mas ini gimana' oke gini, gitu. Dia udah lakukan itu,'' kata Kimon, dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Star Story, Ahad (17/10/2021).

Selain itu, Tukul Arwana juga sudah mulai bisa bergerak atau tidak hanya berbaring di tempat tidur.

Kimon mengatakan, pembawa acara One Man Show tersebut sudah bisa duduk dan berdiri walau masih harus mendapat bantuan dari orang-orang di sekitarnya.

''Kalau duduk udah bisa, berdiri juga masih tetap dibantu perawat,'' ujar Kimon.

Tukul masih kerap merasa lemas dan kaku badannya. Oleh karenanya, terhadap Tukul dilakukan fisioterapi setiap hari di rumah.

Tukul Arwana diperbolehkan dokter pulang dari rumah sakit pada Sabtu (16/10/2021). Kepulangan Tukul Arwana ini disambut dengan meriah, karena bertepatan dengan hari perayaan kelahirannya.

Sebagai informasi, Tukul Arwana dilarikan ke RS PON karena mengalami pendarahan di otak pada 22 September lalu.

Tukul pun harus mendapat tindakan operasi beberapa jam setelah masuk rumah sakit.

Dokter RS PON mengatakan, Tukul mengalami pendarahan otak yang kemungkinan disebabkan karena hipertensi yang tidak terkontrol.***