PANGKALAN KERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan menyiapkan anggaran sebesar Rp 4 miliar bantuan pendidikan bagi mahasiswa.

Bantuan diberikan kepada mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan untuk program Strata 1 (S1), Diploma 3 (D3), dan Diploma 2 (D2).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan, H Akmamul Hadi, Selasa (1/12/2020) mengatakan, Pemda Pelalawan menyiapkan dana sebesar Rp 4 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

Ia menjelaskan, jika dana tersebut merupakan bantuan bagi pendidikan, bukanlah beasiswa seperti lazimnya. Mahasiswa direkrut dari perguruan yang ada di dalam maupun luar Provinsi Riau.

"Sebab pembayarannya hanya sekali dalam setahun dan bukan setiap bulan," jelasnya.

Lanjut dia menjelaskan, total mahasiswa Pelalawan yang berhak menerima bantuan pendidikan sebanyak 1.361 orang. Pencairan dilakukan dengan sistem transfer ke rekening tanpa ada pembayaran cash.

Dengan rincian mahasiswa program Strata 1 (S1) eksakta mencapai 469 orang, S1 non eksakta 815 mahasiswa, kategori berprestasi ada 12 orang, program Diploma lll 48 orang, dan Diploma ll sebanyak 17 orang.

"Untuk S1 dapat Rp 3 juta satu orang. Mahasiswa D3 dan D2 menerima Rp 2 juta. Ini bantuan pendidikan, bukan beasiswa," pungkas Akmamul Hadi. ***