PEKANBARU, GORIAU.COM - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak mau salah langkah. Sudah sering mengusung calon untuk pemilihan Gubernur Riau, namun nasib belum berpihak kepada partai berlambang banteng ini. Karenanya, menghadapi pemilihan Gubernur Riau 2013 mendatang, DPP PDIP mewanti-wanti penjaringan harus dilakukan secara ketat dan muaranya, calon yang diusung harus benar-benar yang diinginkan rakyat.

Ketua DPD PDI-P Riau Suryadi Khusaini kepada wartawan, Senin (8/10/2012) yang dihubungi melalui sambungan telepone selulernya mengatakan, nama-nama calon Gubernur Riau sudah diserahkan ke DPP PDIP, hanya saja banyak pertimbangan untuk menetapkan.

''DPP sudah menetapkan benang merah yaitu yang benar-benar diinginkan rakyat Riau. Karena itu ada beberapa tahapan yang harus dilewati sebelum putusan tersebut diambil. Dan sampai sekarang DPP maupun tim sembilan belum memutuskan kepada siapa,'' tegasnya.

Seperti diketahui, PDIP sudah melakukan penjaringan. Saat itu sebanyak 10 kandidat sudah terinventarisir tapi satu orang meninggal dunia yakni Said Muhammad. Otomatis sekarang, tinggal sembilan nama yaitu Herman Abdullah, Syamsurizal, Jon Erizal, Suryadi Khusaini, Lukman Edy, Aznur Efendi, Wan Abu Bakar, Annas Makmun dan Ramli FE.

Tapi untuk saat ini sambung mantan Wakil Ketua DPRD Riau ini, sampai sekarang PDI-P belum menentukan nama-nama yang akan diusung di Pilgubri 2013. Dikarena katanya, masih menunggu putusanya dari DPP PDI-P serta tim sembilan melakukan penjaringan Balon Gubenur dan Wakil ini.

Diakuinya, proses penentuan nama calon yang diusung PDI-P ini memakan waktu cukup lama. Dikarenakan keinginan DPD PDI-P Riau betul-betul dilakukan secara selektif dalam menetukan calon diusung. (rdi)