PEKANBARU - Ketua Fraksi PDIP DPRD Riau, Ma'mun Solihin menggelar diskusi rutin 'Seneng Bareng' dengan tema perayaan Hari Lahir Pancasila yang sudah ditetapkan setiap 1 Juni 2021. Diskusi itu dilaksanakan dengan mengundang sejumlah perwakilan dari berbagai suku yang ada di Riau.

Ma'mun juga mengundang dua orang kepala daerah yakni, Bupati Kampar Catur Sugeng yang langsung hadir, dan Bupati Pelalawan Zukri Misran yang berhalangan dan mengemukakan pendapatnya tentang Pancasila melalui sambungan video call.

Usai acara, Ma'mun Solikhin menjelaskan, lahirnya Pancasila pada 1 Juni 1945 merupakan karya terbesar dan sangat fundamental serta menjadi bagian dalam falsafah kebangsaan Bangsa Indonesia.

"Dan sebagai penerus bangsa, kita terus berupaya mengenang jasa-jasa itu. Dan komitmen kebangsaan tersebut. Ini bagian dari konsep yang harus dijalankan secara terus menerus dan turun menurun. Ini sudah jadi pakem kebangsaan dan pilar bangsa kita, maka kita lakukan meskipun sedang pandemi sesuai dengan Prokes ketat. Maka kita buat acara kecil yang penting pesan kebangsaan kita tercapai," kata Ma'mun, Selasa malam (1/6/2021).

Diskusi tersebut, lanjutnya, diharapkan bisa merajut kembali nilai-nilai kebangsaan yang saat ini menurutnya mengalani penggerusan akibat pengaruh dari luar, dan dikhawatirkan jika tidak dijalin secara terus menerus akan semakin pudar.

"Maka beberapa pembicara alhamdulillah konsep mereka terap sama tetap memegang teguh nilai-nilai pancasila," terangnya.

Ma'mun berharap, nilai-nilai Pancasila yang sudah dirumuskan para tokoh-tokoh perjuangan kemerdekaan akan terus menjadi jati diri bangsa ini. Sekecil apapun akan menjadi tekat untuk menanamkan nilai Pancasila.

"Diskusi ini tak berhenti sampai disini, biasanya kita melakuan kajian dan diskusi yang tematik, bisa dua kali dalam sebulan membahas tema-ema tertentu, kadang molor juga" lanjutnya.

Diskusi berlangsung dengan lancar dam interaktif, selain itu juga peserta diskusi menerapkan Prokes yang ketat. ***