DUMAI - Keberadaan lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Jalan Sidorejo Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, Riau, sangat memprihatinkan. Selain banyak tumpukan sampah, tidak sedikit sampah yang berserakan di badan jalan. Untuk membersihkannya, dinas terkait menurunkan satu unit eskakavator dan empat unit mobil pengangkut sampah untuk membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai, Muhammad Nasir, Rabu sore (15/11/2017) melakukan peninjauan langsung ke lokasi tersebut bersama Kadis Pekerjaan Umum atau PUPR Syahminan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dumai Satrio Wibowo, Kepala Satpol PP Dumai RH Bambang Wardoyo.

TPS di Jalan Sidorejo, menurut Nasir, sudah tidak layak. TPS yang ada tidak mampu menampung sampah rumah tangga, akibatnya sampah berserakan. Alat berat eskapator dan mobil pengangkut sampah pun disiapkan untuk membuang sampah ke TPA.

"Tahun depan Pemko Dumai akan menganggarkan untuk pembuatan TPS baru. Setelah dihitung butuh anggaran sekitar Rp60 jutaan untuk menyiapkannya," ujar Nasir.

TPS yang baru, dikatakannya, akan dibangun agak ke dalam agar jauh dari pemukiman warga. Sebab tumpukan sampah menimbulkan bau busuk dan mengganggu kenyamanan warga. Apalagi di sekitar TPS terdapat mesjid yang selalu digunakan warga untuk beribadah, bau yang menyengat sudah lama dikeluhkan warga sekitar.

"Atas dasar itu, Pemko Dumai melalui Dinas Lingkungan Hidup akan merekokasi TPS. TPS yang ada akan kita pindahkan agak ke dalam," kata Nasir lagi.

Sekda berpesan kepada SKPD terkait, agar segera menurunkan petugas kebersihan untuk membersihkan sampah yang berserakan di jalan. Hal ini sejalan dengan himbauan Walikota Dumai agar menjaga keindahan dan kebersihan kota untuk mensukseskan MTQ Riau 2017 di Dumai.

Kepada Satpol PP, Sekdako menegaskan, agar senantiasa melakukan pengawasan agar lokasi itu tidak lagi menjadi pusat pembuangan sampah karena dapat merusak keindahan dan estetika kota. Jika ada warga yang membuang sampah disembarang tempat agar ditegur. ***