PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Polisi berhasil menjaring dan mengamankan sebanyak 15 orang remaja yang masih duduk di bangku SMP dan SMA. Polisi juga mengamankan 25 sepeda motor yang terlibat dalam balapan liar di komplek perkantoran Bhakti Praja dan Islamic Center, Pangkalan Kerinci, Sabtu (20/6/2015) sekira pukul 23.30 WIB.

Diinformasikan Kapolres Pelalawan, AKBP Ade Johan H Sinaga melalui Paur Humas IPDA M.Sijabat, kegiatan yang dilakukan merupakan Ops Cipkon Kepolisian dalam rangka antisipasi balap liar selama bulan Ramadan 1436 H.

Disebutkkan Sijabat, giat dipimpin langsung oleh Kasat Intelkam Polres Pelalawan, AKP H Dwi Atmaja didampingi Kasat Binmas AKP Galih Apria, Kanit Dikyasa IPTU Rudi Guntoro, KA SPKT IPTU Syeh Syari HT dan Kbo Sat Binmas IPDA Deny Lubis beserta personil gabungan fungsi Polres Pelalawan.

Lanjut Sijabat, adapun hasil pelaksanaan operasi penertiban balapan liar tersebut, Polres Pelalawan berhasil menjaring dan mengamankan 15 orang remaja yang masih duduk di bangku SMP dan SMA.

"Polisi juga mengamankan 25 sepeda motor yang terlibat dalam balapan liar. Mereka diberikan pengarahan dan pembinaan terlebih dahulu sebelum diperbolehkan pulang," katanya.

Ditegaskan Sijabat, pihak kepolisian memberikan peringatan tegas kepada bagi siapa saja yang melakukan balapan liar di wilayah hukum Polres Pelalawan.

"Sedangkan sepeda motor yang mereka gunakan untuk balapan liar diamankan dan akan dilakukan tindakan penilangan. Karena mereka tidak bisa memperlihatkan surat-surat dan kelengkapan kendaraan pada saat dilakukan pengecekan terhadap sepeda motor tersebut," tegasnya.

Disampaikan Sijabat, Polres Pelalawan mengimbau bagi pemilik yang akan mengambil sepeda motonya harus dilengkapi dengan surat- surat dan kelengkapan kendaraan dengan serta membawa salah satu orang tua.

"Kita juga minta foto copy kartu keluarga (KK), serta KTP orang tua. Karen para remaja yang akan mengambil sepeda motornya harus membuat surat pernyataan tidak akan melakukan balapan liar lagi dengan diketahui oleh orang tua masing-masing agar dapat memberikan efek jera," beber Sijabat menutup.(***)