PEKANBARU - Sekarang ini pengendara sepeda motor jenis matik mulai banyak, dan rata-rata pengendaranya merupakan kaum wanita. Terkadang sering ditemui pengendara wanita yang berkendara dengan cara tidak aman dan cukup membahayakan.

Hal ini pula yang membuat tim safety riding Capella Honda Riau kembali mengampanyekan keselamatan berkendara, dan kali ini para mahasiswi di STIKES Payung Negeri Pekanbaru menjadi tujuan kampanye keselamatan berkendara.

Dalam kegiatan seminar bertajuk 'Membangun Kesadaran di Jalan dengan Tertib Berlalu Lintas', tim safety riding Capella Honda Riau memberikan pembekalan tentang pentingnya menjaga keselamatan saat berkendara di jalan raya kepada seratusan peserta.

"Hal yang paling utama adalah mengenakan helm sebelum berkendara, meski berkendara jauh maupun dekat," kata Steven selaku instruktur safety riding Capella Honda Riau saat memberikan seminar di kampus STIKES Payung Negeri Pekanbaru, Jumat (23/11/2018).

Menjadi pembicara, Steven melanjutkan, dalam menggunakan helm harus dipastikan sudah bunyi klik pada tali pengaman helm dengan jarak antara dagu diberi ruang sebanyak dua jari. "Ini, agar saat berkendara, tali pengaman helm tetap nyaman digunakan," sebutnya.

Selain memberikan pemahaman tentang penggunaan perangkat keselamatan berkendara seperti helm, sepatu dan jaket. Tim Safety riding Capella Honda Riau juga membekali para peserta yang kebanyakan mahasiswi ini tentang bagaimana postur tubuh saat berkendara.

Terpisah, Arif Rahman Hakim yang juga instruktur safety riding Capella Honda Riau mengungkapkan, STIKES Payung Negeri Pekanbaru merupakan kampus kedua di Kota Pekanbaru yang didatangi tim safety riding Capella Honda Riau untuk mengampanyekan keselamatan berkendara.

"Setiap tahun ada dua kampus yang kita datangi, dan STIKES Payung Negeri Pekanbaru ini yang kedua. Sebelumnya kita juga menggelar seminar di kampus Universitas Riau," kata Arif berbincang dengan GoRiau.com.

Arif menjelaskan, kegiatan seminar keselamatan berkendara ini merupakan salah satu peran Capella Honda Riau sebagai pelopor keselamatan berlalulintas dengan tagline #cari_aman. "Kita berharap melalui seminar ini, bisa mengajak para peserta untuk selalu cari aman saat berkendara di jalan raya," tukasnya.

Seminar ini juga dihadiri oleh Satlantas Polresta Pekanbaru yang diwakili oleh Kasubnit I Dikyasa Satlantas Polresta Pekanbaru, Ipda Ratna Wilis dan juga sejumlah perwakilan dari Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. ***