PANGKALANKERINCI - Dinas Peternakan (Disnak) Pelalawan, mengingatkan kepada para petani dan peternak untuk dapat memanfaatkan Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E). Petani maupun peternak bisa mendapatkan bantuan permodalan untuk dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan menjadi lebih baik.

"KKP-E ini merupakan penyempurnaan dari kredit ketahanan pangan (KKP) telah berjalan sejak tahun 2000 lalu," ujar Kepala Disnak Pelalawan, Ir H Tengku Mukhtaruddin, Senin (16/11/2015).

Selain memberikan bantuan modal bagi petani dan peternak, KKP-E bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mendukung program pengembangan tanaman bahan baku bahan bakar nabati.

"KKP-E ini, merupakan modal kerja yang diberikan oleh bank pelaksana kepada petani atau peternak melalui kelompok tani (Poktan) atau koperasi," terangnya.

Dijelaskan Mukhtaruddin, program tersebut sasarannya adalah peternak dalam rangkan pengembangan peternakan sapi potong, sapi perah, pembibitan sapi, budidaya kerbau, budidaya kambing, budidaya ayam ras petelur, ayam ras pedaging, ayam buras, itik, kelinci dan burung puyuh.

"Besaran kredit yakni plafon kredit tiap peternak maksimum Rp 100 juta engkap dengan bibit ternak, kandang, pakan, obat dan peralatan," sebutnya.

Mukhtaruddin menambahkan, petani dan peternak diwajibkan menjadi anggota kelompok tani koperasi yang harus memenuhi kententuan sebagai peserta KKP-E serta mengikuti petunjuk Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Disnak Pelalawan.(***)