PEKANBARU, GORIAU.COM - Tim Silat Pembibitan dan Pembinaan Olahraga Daerah (PPOD) Dispora Riau menorehkan hasil yang kurang memuaskan pada uji coba dengan Tim SEA Games dari tiga negara tetangga yang berlangsung di Padepokan Pencak Silat Jakarta, 17-18 Oktober 2013.

Dimana dari enam pesilat yang dikirim Riau, hanya dua orang yang mampu mengimbangi, yakni Ripo Harianda (C) dan M Parmadi (D). Sementara empat lainnya yakni Purnomo (A), M Fahrobi (E), Alam Siregar (H) dan Diana Zuliani (A) bermain di bawah rata-rata.

Sekretaris Umum Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Riau, M Salim kepada GoRiau.com, Jumat (18/10/2013), mengaku kurang puas dengan hasil tersebut. Meski dua pesilat bisa mengimbangi permainan lawan.

"Kita kurang puas dengan uji coba ini, dimana selain empat pesilat kita masih jauh di bawah rata-rata, ditambah lagi dengan tidak adanya persentase hasil dari uji coba yang disiapkan pihak penyelenggara," kata Salim.

Dijelaskannya, tidak ada pengumuman nilai yang dipajang oleh pihak penyelenggara terhada hasil uji coba. Jadi penilaian untuk masing-masing atlet hanya diketahui secara umum saja. "Sementara terkait teknik dan pukulan tidak diumumkan," ujar Salim dengan nada sedikit kecewa.

Seperti diketahui, ketiga negara tersebut antara lain Brunei Darussalam, Filipina dan Thailand yang menurunkan tim inti SEA Games 2013. Uji coba ini merupakan kerjasama antara Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) DKI Jakarta dengan IPSI Riau.

Namun dikatakan Salim, hasil ini tetap menjadi bahan evaluasi serta menambah jam terbang bagi seluruh pesilat yang dikirim. "Karena memang jarang pesilat kita berhadapan penuh dengan tim SEA Games dari negara lain," tambah Salim.

Selain itu, Riau juga mengambil momen ini untuk langkah persiapan menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat 2016 mendatang. Sementara bagaimana dengan Timnas Silat Indonesia?.

Saat ini Tim Silat Tanah Air tengah menjalani uji coba juga ke Vietnam. "Jadi mereka tidak bisa ikut serta dalam uji coba ini," pungkasnya.(tri)