SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menambah ambulance baru sebanyak 10 unit, 6 ambulance darat dan 4 ambulance laut. Sementara penempatannya, 1 dari 10 unit ambulance itu distandby kan di Tanjungbuton.

Bupati Kepulauan Meranti H Irwan MSi ketika ditemui usai melihat Ambulance di Selatpanjang mengatakan, ini merupakan upaya Pemda meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Dimana, kata Irwan lagi, sesuai dengan program kerja bidang kesehatan, 5 tahun yang lalu Pemda sudah mempunyai pemetaaan terhadap layanan kesehatan di Kepulauan Meranti.

Baca Juga: Kecelakaan Tragis Terjadi di Jalintim Pelalawan, Pemotor Tewas Usai Diseruduk Mobil Ambulance

"Alhamdulillah hingga saat ini hampir semua kecamatan sudah punya Puskesmas yang standar. Begitu juga di tiap desa, telah memiliki Puskesdes. Tinggal lagi kita akan menambah Puskesdes di desa-desa pemekaran yang usia nya baru beberapa tahun," kata Irwan, Kamis (17/11/2016).

Baca Juga: Untuk Pelayanan Kesehatan Masyarakat, 7 Desa di Pinggir Dambakan Ambulance

H Irwan juga mengaku hampir semua Puskesmas itu telah memiliki ambulance. Tak hanya itu, pada tahun 2016 ini, Pemda Meranti juga akan menempatkan satu unit ambulance darat di Tanjungbuton Kabupaten Siak. Penempatan Ambulance di Tanjungbuton diharapkan bisa mempermudah masyarakat yang dirujuk berobat ke Pekanbaru.

Baca Juga: Ini Kronologis dan Identitas Pemotor yang Tewas Usai Ditabrak Ambulance di Lintas Pekanbaru-Bangkinang

Kemudian, menyadari Meranti merupakan wilayah berpulau, Pemda juga menyiapkan 4 unit ambulance laut. Ambulance laut ini ditempatkan di kecamatan-kecamatan yang agak jauh dari pusat kota.

Baca Juga: Miris, Garasi Darurat Ambulance di Mandau Tak Layak

"Kadang-kadang masyarakat kalau sakit pada malam hari akan sulit dibawa ke pusat pelayanan terdekat. Alhamdulillah 4 unit ambulance laut itu kita tempatkan di kecamatan yang jauh. Mudah-mudahan dengan fasilitas yang sudah lengkap ini mempermudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," harap H Irwan lagi.

Baca Juga: Selain Lantik 11 Kades, Bupati Juga Serahkan Satu Unit Ekskavator dan Mobil Ambulance untuk Kecamatan Enok

Di tempat yang sama, Kepala Diskes Kepulauan Meranti Dr Irwan Suwandi didampingi Sekretaris Dr Misri Hasanto mengatakan 6 unti ambulance darat ditempatkan di Sungaitohor, Kedaburapat, Bandul, Belitung, dinas kesehatan, Tanjungbuton dan Dinas Kesehatan. Sedangkan 4 unit Ambulance laut ditempatkan di Bandul, Tanjungsamak, Belitung dan Sungaitohor.

"Kalau fasilitas sudah lebih dari cukup," kata Dr Irwan Suwandi. ***#Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini