PEKANBARU, GORIAU.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan belum memenuhi permintaan pesawat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam waktu dekat untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pasalnya, pihak BNPB masih akan memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peralatan yang ada di Riau terlebih dahulu. Selain itu, BNPB juga akan memantau daerah-daerah yang memang nantinya didapatkan jauh dari jangkauan bantuan.

"Untuk pesawat belum, kita lihat dulu ke lokasi. Jika memang ada daerah yang tidak bisa terjangkau oleh peralatan maka akan kita datangkan," kata Direktur Bantuan Darurat BNPB, Harmensyah.

Pihak BNPB memastikan akan membantu semua hal yang dibutuhkan Riau, baik tenaga maupun peralatan. Namun untuk tahap awal, Harmensyah mengatakan, pihak BNPB akan memaksimalkan penanganannya melalui operasi darat.

Dimana semua sektoral baik tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga ke desa-desa akan disinkronkan untuk bekerjasama dengan pihak BNPB. Jika itu terjalin, Harmensyah menungkapkan bahwa kurang lebih satu pekan bisa selesai.

"Semua peralatan yang tidak ada kita bantu. Intinya semua sel-sel yang ada di daerah harus bergerak, saya target kurang lebih sepekan semua bisa teratasi," sambungnya.

Baik pihak BNPB maupun Pemprov Riau melalui Satgas Penanggulangan Karhutla mulai bergerak hari ini. Namun semuanya masih difokuskan untuk penanganan melalui operasi darat.***