PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan akan segera menggelar evaluasi kinerja kepala sekolah di Kota Pekanbaru, setelah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berakhir. Dalam evaluasi ini, ia juga tak menampik kemungkinan untuk memberhentikan dan mengganti kepala sekolah yang tidak mempunyai inovasi memajukan sekolahnya.

"Yang tidak bisa mengikuti dinamika zaman kita tinggal dan ganti yang baru. Yang tidak punya motivasi dan inovasi untuk memajukan sekolahnya ini akan kita evaluasi juga, setelah penerimaan ini selesai," ungkapnya, Selasa (7/7/2020).

Menurut Firdaus, setiap kepala sekolah memiliki dua peran yang besar dalam dirinya. Masing-masing kepala sekolah itu harus mampu disiplin dalam menepati perannya demi kemajuan sekolah.

"Kepala sekolah itu punya dua peran, yaitu sebagai pemimpin dan sebagai manajer. Sebagai pemimpin dia harus taat dan loyal kepada aturan organisasi dan pimpinannya, sedangkan sebagai manajer dia harus berorientasi pada mutu dan berinovasi untuk memajukan sekolahnya," paparnya.

"Maka itu, jika kepala sekolah yang harusnya disiplin tidak disiplin, ya diganti," terangnya.***