PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Warga Rambah, Rokan Hulu menyesalkan pembangunan jalan lintas kecamatan, dari Kota Pasir Pangaraian menuju obyek wisata Hapansan, Desa Rambah Tengah Hulu (RTH), sebab jalan dengan tipe base di Depan Kantor Camat Rambah, kerikilnya tajam dan rawan kecelakaan bagi masyarakat jika melintas dijalan tersebut.

Disampaikan pengendera sepeda motor, Winda yang kebetulan melintasi jalan tersebut, sepeda motornya terbalik, sebab jalan ada krikil tajam dan belum diaspal. Ia berharap agar pemerintah secepatnya memperbaiki jalan itu, sebelum timbul korban lainnya.

''Saya tidak tahu kenapa Pemkab Rohul tidak membangun itu? Padahal itu kan didepan kator Camat, kok tak ada perhatian pemerintah, apalagi krikil-krikil jalannya bersarakan,'' kata Winda Minggu (5/1/2014).

Terang Winda memang disamping kantor Camat Rambah sudah dibangun box culvert dan jalannya sudah bagus tapi hanya sekitar 20 meter saja jalan yang tidak bagus, memang udah ada perbaikan tapi kelihatan tidak selesai, sehingga bisa membahayakan masyarakat.

Ketika ini dikonfirmasi dengan Kepala Dinas Bina Marga dan Pengaraian (DBMP) Rohul Hery Islamy, ST, MT melalui Kabid Bina Marga Anton, ST, MM mengatakan kalau pihaknya berjanji akan membangun jalan tersebut tahun 2014 ini. ''Kita sudah programkan pembangunan jalan tersebut, pada tahun ini, kami berharap masyarakat bisa bersabar dan jalan tersebut sudah menjadi agenda kita dan program DBMP Rohul ke depan,'' ujar Anton

Pada tahun 2013 lalu, jalan kecamatan itu, menuju Desa RTB-Kaiti, kata Anton dibangun dengan anggaran Rp 2,5 M lebih, sedangkan RTH-Pawan juga dibangun APBD Rohul sekitar Rp 2,5 M, jadi pembangunannya akan dilakukan secara bertahap mengingat cost anggaran daerah.

Ditempat berbeda, Camat Rambah Ari Gunadi, S TTP mengatakan, kalau jalan lintas Kota Pasir Pangaraian menuju, Desa Rambah Tengah Barat (RTB) Kaiti hingga ke Desa Sialang, tembus ke Desa Rambah tengah Hulu (RTH)-Pawan berkeling ke Kota Pasir Pangaraian lagi, Pemkab Rohul akan membangunannya.

''Memang pembangunan jalan itu sudah kita ajukan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, rencananya tahun 2015 mendatang pembangunannya sudah tuntas mudah-mudahan bisa tercapai,'' kata Ari Gunadi.

Tambah Camat Rambah, jalan itu memang sangat prioritas, sebab jalan keliling itu, menuju empat obyek wisata yakni, Cibogas Desa Silang, Hapanasan Desa RTB-Kaiti, Air Panas dan Goa Sikafir Desa RTH-Kaiti karena itu perlu dibangun agar pengunjung obyek wisata itu nyaman dan pendapatan masyarakat pun meningkat. (srt)