JAKARTA -- Diabetes tidak hanya diderita oleh orang dewasa dan berusia lanjut, tapi juga bisa diderita oleh anak-anak.

Dikutip dari Liputan6.com, dokter spesialis anak yang berpraktik di Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara dr Aris Sunardi, SpA, mengatakan, gejala awal diabetes pada anak sama dengan gejala awal pada orang dewasa.

''Pada dasarnya gejalanya sama seperti diabetes yang dialami orang dewasa. Tanda-tanda yang mudah dikenali adalah sering buang air kecil dan rasa haus berlebih,'' katanya di Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (7/1/2022).

Dijelaskannya, gejala awal diabetes lainnya adalah nafsu makan meningkat namun berat badan menurun, jika terluka lama sembuhnya, penglihatan kabur, terlihat lebih lesu, dan kulit menghitam.

Lanjut Aris, seringnya buang air kecil disebabkan oleh tingginya kadar gula darah, sehingga membuat ginjal membuang kelebihan kadar gula tersebut dengan menyaringnya dari darah.

''Dengan seringnya buang air kecil, anak pun akan mudah haus atau merasa haus berlebih,'' katanya, dikutip Antara.

Terkait dengan kulit yang menghitam, dia mengatakan hal itu biasanya terjadi di sekitar leher dan ketiak akibat resistensi insulin.

Menurut dia, gangguan pada kulit yang ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap atau menghitam itu biasa disebut dengan akantosis nigrikans.***