Sebagai Ibu Kota, Jakarta memiliki mobilitas yang tinggi sudah sepaket dengan polusi dan kemacetan. Ditambah lagi beban menggunung dari pekerjaan yang dimiliki, bisa membuat pikiran jadi tambah stres. Karena itulah, saat musim liburan tiba, traveling ke berbagai kota di Tanah Air bisa jadi solusi yang dipilih. Salah satu rekomendasinya adalah liburan ke Semarang.

Semarang sendiri merupakan ibu kota Jawa Tengah yang menyimpan segudang wisata, baik itu alam, kuliner, sampai belanja. Ditambah lagi, transportasi juga sudah sangat lengkap. Banyak juga travel Jakarta Semarang yang bisa dipilih, contohnya saja Daytrans Travel, Damri, Bestrans Travel, dan lain sebagainya.

Jelajah di Semarang, destinasi yang populer dipilih antara lain Kota Tua, Lawang Sewu, sampai Salok Theme Park. Jika setiap ke semarang pergi ke tempat itu-itu saja, pastinya akan membuat liburan jadi membosankan. Maka dari itulah, akan diberikan rekomendasi wisata alam memesona di Semarang, bisa melipir sejenak dari hiruk pikuk ramainya kota besar.

  1. Kampung Kopi Banaran

Rekomendasi yang pertama jika Anda sedang liburan bersama dengan keluarga, baik itu anggota inti atau besar, datang saja ke Kampung Kopi Banaran. Setelah resmi dikelola oleh PT. Dyandra Banaran Nusantara (DBN) di bawah naungan Dyandra & Co, lahan perkebunan ini disulap menjadi destinasi wisata dengan berbagai fasilitas serta wahana yang memanjakan.

Beberapa aktivitas yang bisa dinikmati di tempat mulai dari menikmati keindahan alam, berkeliling kebun kopi dengan ATV, camping, wisata kuliner dan lainnya. Menariknya, sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan dengan berbagai panorama menyegarkan mata, misalnya saja keindahan 7 gunung sekaligus atau pemandangan dari restoran Sky View.

Luas areal ini kurang lebih 400 hektar, jadi butuh waktu yang cukup lama untuk menjelajahi berbagai sudut wilayahnya. Karena itulah, juga disediakan resort dan hotel jika ingin menginap. Alamatnya sendiri berada di Jl. Raya Bawen-Solo Km. 1,5 Bawen, Kabupaten, Semarang, Jawa Tengah.

  1. Rawa Pening

Tidak terlalu jauh dari Kampung Kopi Banaran, ada wisata Rawa Pening yang keindahan alamnya juga menyihir para pengunjung. Jaraknya dari Kampung Kopi Banaran kurang lebih 8,5 km. Jika ditempuh dengan menggunakan mobil hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit saja. Lokasi tepatnya berada di Jl. Lingkar Selatan kilometer 3, Ambarawa, Semarang.

Keindahan utama di tempat ini adalah danau jernih yang membentang luas yang menempati empat kecamatan sekaligus. Yakni Kecamatan Ambarawa, Bawen, Banyubiru, dan Tuntang. Luasnya sekitar 2.670 hektar dan sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas memanjakan. Ada berbagai spot foto, rumah makan apung, pondok terapung, ATV, perahu karet, sampai becak air.

  1. Wisata Gumuk Reco Sepakung

Jika ingin liburan yang alami, tanpa ada banyak campur tangan manusia, bisa langsung melipir ke Gumuk Reco Sepakung. Di sini, Anda akan melihat keindahan tebing-tebing tinggi yang gagah sekaligus menantang untuk ditaklukkan. Jika ingin lebih menantang adrenalin, bisa coba berayun-ayun di atas jurang dengan Ayunan Langit.

Beberapa wahana lainnya yang bisa dicoba adalah meluncur di lintasan Flying Fox. Jika masih belum puas juga, bisa menyusuri titian sisi tebing yang curam dengan ketinggian 45 meter. Alamatnya berada di Jl. Kenongo, Kepi, Desa Sepakung, Banyubiru, Semarang. Dari pusat kota, bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

  1. Taman Bunga Celosia

Beberapa tahun terakhir, keindahan bunga celosia memang menarik hati banyak orang. Bahkan sebelum pandemi berlangsung, banyak sekali foto di Instagram yang hilir mudik dengan background bunga celosia yang warna warni. Tidak hanya bunga warna-warni yang memanjakan mata, sudah sepaket dengan spot foto. Jadi digemari wisatawan dari segala usia.

Beberapa spot foto populer yang jadi langganan banyak orang antara lain rumah Hobbit, balon udara, miniatur Menara Eiffel, sampai dengan miniatur Patung Merlion. Fasilitasnya juga cukup lengkap, ada mushola, toilet, lahan parkir, sampai dengan gazebo. Alamat wisata satu ini berada di Jl. Gedong Songo, Bandungan, Semarang. Dari pusat kota Semarang, jaraknya kurang lebih 51 kilometer.

  1. Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo terkenal menawarkan wisata Samudra Awan di beberapa titik yang berbeda. Hamparan awan yang banyak, membuat Anda bak berada di Negeri Atas Awan. Tidak hanya itu saja, ada banyak pemandangan lainnya yang bisa dinikmati di tempat ini. Contohnya saja berbagai pegunungan cantik, ada Sindoro, Merbabu, Andong, Ungaran, dan lainnya.

Gunung ini sendiri berada di ketinggian 1.894 mdpl, jadi suhunya cukup dingin. Anda juga bisa melihat panorama perkampungan penduduk dari ketinggian. Dengan berbagai panorama itulah, saat berkunjung jangan lupa untuk membawa kamera. Jika datang ke sini saat pagi atau sore hari, sangat disarankan untuk mengenakan pakaian yang hangat. Lokasi tepatnya berada di Desa Sepakung, Banyubiru, Semarang.

Itulah deretan rekomendasi wisata alam memesona di Semarang. Mulai dari Kampung Kopi Banaran sampai dengan Gunung Telomoyo. Bagi yang berencana ke Semarang, rencanakan dengan matang, tiketnya bisa dibeli di Traveloka. Baik itu tiket transportasi, penginapan, sampai dengan aneka hiburan. Ingin liburan sendiri atau rombongan, Traveloka bisa diandalkan!