DURI - Konsumsi daging sapi untuk wilayah Duri, Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Riau ternyata cukup tinggi, yakni mencapai 1 Ton 440 kilogram perhari. Padahal hanya tingkat Kecamatan, namun angka itu cukup tinggi jika dibandingkan dengan Kota Dumai dan sekitarnya.

Kepala UPT Dinas Pertanian dan Peternakan Mandau, Eta Aneta melalui Petugas Pelaksanaan Urusan Pengembangan Peternakan, Muhammad Musyawir SP saat dikonfirmasi GoRiau.com membenarkan hal tersebut.

Dikatakannya, rumah potong milik swasta yang ada di Duri ini memotong sekitar 10-12 ekor sapi setiap hari. Dari jumlah tersebut, diperkirakan 8 ekor sapi untuk Mandau dan sekitarnya, sementara lebihnya untuk Kota Dumai dan Kandis.

"Satu ekor sapi itu diperkirakan berat bersih dagingnya saja mencapai 180 kilogram, jika di kalikan dengan 8 ekor maka totalnya untuk Mandau saja mencapai 1.440 kilogram atau 1 ton 440 kilogram," kata ASN yang akrab disapa Haji ini, Senin (6/6/2016) diruang kerjanya.

Ia juga menjelaskan, menjelang lebaran nanti hendaknya tidak ada pengurangan pasokan sapi yang masuk ke Duri Mandau. Sebab jika pasokan berkurang dan jumlah peminat banyak, maka hukum pasar pasti akan berlaku. Yakni harga daging sapi ini pasti akan melejit naik.

Mengenai rumah potong hewan milik pemerintah, lanjut Haji, sampai saat ini belum terealisasi meski sudah diusulkan setiap tahun dalam musyawarah rencana pembangunan Kecamatan.

"Harapan kita Mandau juga memiliki rumah potong hewan. Selama ini ada, tetapi milik pengusaha daging sapi yang juga sudah lama menjalin kerjasama dengan pemasok sapi dari luar daerah," imbuhnya. ***