PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Penanaman manggis dengan pola hamparan seluas 139 hektare di Dusun III Tasik Indah, Desa Segati Kecamatan Langgam, Pelalawan, Riau, diharapakan bisa menjadikan Kabupaten Pelalawan sebagai sentra penanaman manggis. Khususnya di Kecamatan Langgam.

"Ini adalah satu persepsi seluruh elemen masyarakat dalam membangun pertanian di Kabupaten Pelalawan," ujar Bupati Pelalawan, HM Harris, saat menghadiri pencanangan gerakan menanam Manggis, Rabu (2/09/2015).

Dikatakan Bupati Harris, jika penanaman manggis itu dikerjakan dengan penuh kebersamaan, maka cita-cita untuk menjadikan Kabupaten Pelalawan sebagai sentra manggis bisa tercapai.

"Jika berhasil mengelola pertanian manggis ini, jelas akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sudah pasti dapat menurunkan angka kemiskinan di daerah ini," katanya.

Untuk itu, Bupati Harris mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bisa merubah pola pikir ke arah yang lebih maju dan lebih baik.

"Dengan adanya perubahan pola pikir diharapkan pembangunan bisa dilaksanakan sesuai dengan harapan bersama," tandasnya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Ir Sah Pahlefi menyampaikan, bahwa penanaman mangis pola hamparan bisa menjadikan sebagai sentra penanaman manggis khususnya di Kecamatan Langgam.

"Diharapkan, ini akan diikuti desa-desa lain yang ada di Kecamatan Langgam," katanya.

Sah Fahlefi menyebutkan, lahan seluas 139 hektare disiapkan untuk kawasan penanaman manggis. Jika hal ini bisa dikelola dengan baik maka tanaman manggis yang ditanam bisa memenuhi persyaratan pasar.(***)