DUMAI, GORIAU.COM - Gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesi (Apeksi) yang akan berlangsung selama sepekan dan direncakan akan dibuka oleh salah satu pejabat tinggi Republik Indonesia pada tanggal 21 Mei 2014 mendatang, membutuhkan pengamanan, demi berlangsungnya acara berskala nasional itu berjalan lancar, tertib dan aman.

Khusus untuk pengamanan Rakernas Apeksi Tahun 2014 ini, sebanyak 335 personel gabungan diterjunkan dari berbagai satuan keamanan, diantaranya, Polres Dumai, unsur TNI dan Den POM, Dinas Perhubungan serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Ratusan personel tersebut akan melakukan pengamanan di sejumlah tempat, baik itu di lokasi penginapan Walikota yang akan mengikuti Rakernas Apeksi 2014 maupun pelaksanaan Indonesia City Expo yang akan dilangsungkan di Taman Bukit Gelanggang, Jalan HR Soebrantas Dumai.

Sebelum melakukan pengamanan di berbagai tempat, terlebih dahulu ratusan personel gabungan itu dikumpulkan di Markas Kepolisisan Resort (Mapolres), Jalan Sudirman Dumai untuk mengikuti Apel Pasukan Pengamanan Apeksi yang digelar pada Senin pagi (19/05).

Usai menggelar Apel Pasukan Pengamanan Apeksi, Kepala Polres Dumai AKBP Yudi Kurniawan menerangkan, Ada beberapa pengamanan yang akan dilakukan oleh ratusan personel ini nantinya, diantaranya, memberikan pengamanan kepada Walikota yang hadir serta barang bawaannya, pengamanan terhadap kegiatan rapat maupun pameran (expo) yang akan dilaksanakan, dan terakhir pengamanan terhadap rute perjalanan kedatangan maupun rute perjalanan kembali.

''Sebanyak 335 personel gabungan ikut dalam Operasi Pengamanan Apeksi 2014. Para personel bakal menyebar di sejumlah titik. Baik lokasi kegiatan maupun di tempat penginapan,” terang AKBP Yudi.

Kapolres juga menjelaskan, ada beberapa jalur yang digunakan oleh Walikota yang akan hadir beserta rombongan yakni, jalur darat, jalur laut dan jalur udara.

''Oleh karena itu, kita akan melakukan pengamanan terhadap kedatangan Walikota beserta rombongan nantinya, hal itu guna memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap rombongan yang mengikuti Rakernas Apeksi 2014 maupun berbagai kegiatan pendukung lainnya,” ujar AKBP Yudi.

Ratusan personel ini akan mulai ditugaskan untuk melakukan pengamanan kedatangan Walikota se-Indonesia, dimulai pada hari Selasa (20/05), sebab pada hari itu puncaknya para peserta Rakernas Apeksi beserta rombongan akan berdatangan ke Kota Dumai.

''Kita berharap, pengamanan ini dapat dilaksanakan sebaik – baiknya dan berjalan dengan lancar, tanpa ada ganguan Kambtibnas maupun kemacetan lalu lintas,” harap Kapolres Dumai AKBP Yudi Kurniawan seraya menambahkan, kita ingin berikan kenyamanan dan keamanan pada rombongan APEKSI 2014. (akid)