DUMAI, GORIAU.COM - Sedikitnya 6 orang tuna dungu dan tuna wicara asal Kota Dumai mewakili Propinsi Riau dalam ajang perlombaan dansa Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) yang akan berlangsung 23-24 November mendatang di Semarang.

Peserta Fornas asal Dumai yang tergabung dalam Klub Dansa Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) ini akan bertanding bersama 8 ribu peserta lainnya se-Indonesia.

Pelatih ILDI Propinsi Riau Ade Winda kepada GoRiau.com Senin (18/11/2013) pagi mengatakan, keikutsertaan klub dansa ini merupakan suatu kebanggaan buat Dumai karena mewakili Propinsi Riau untuk ikut bertanding dalam helat Nasional.

"Suatu kebanggaan juga, tim dansa ILDI Kota Dumai akan ditunjuk untuk seremonial pembukaan Fornas yang dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo," katanya.

Menurutnya, meski peserta mengalami kekurangan layaknya manusia sempurna, tetap tidak membuat patah semangat 6 perwakilan klub dansa tersebut.

Ade menjelaskan, dalam pertandingan nanti akan diikuti sekitar 8000 peserta dari seluruh Indonesia, 60 lagu dalam langkah gerakan dangsa yang akan ditampilkan.

Perlombaan ini juga mendapat dukungan dan suport dari Ketua DPRD Kota Dumai, Zainal Effendi. "Semangat juang anak-anak dari tuna rungu dan wicara tidak pudar dalam bertandingan, disaat latihan mereka mengeluarkan keringat yang bercucuran ditubuh, sebagai bukti siap bertanding nantinya," ujarnya.(egy)