PEKANBARU – Wali Kota Pekanbaru, Firdaus meyakini pembangunan Kawasan Industri Tenayan (KIT) akan terus berlangsung, meski ia akan mengakhiri masa jabatannya pada 22 Mei 2022 besok. Optimisme itu karena proyek tersebut sudah termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) oleh Komite Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), beberapa waktu lalu.

"Terus berlangsung, bahkan sudah ada pembangunan PLTGU di kawasan itu," ujarnya, Sabtu (21/5/2022).

Ia menjelaskan, proses pembangunan sudah berlangsung termasuk pada infrastruktur pendukung yang sudah direncanakan. Seperti Jembatan Siak V dan jalan lingkar untuk menjadi akses KIT.

"Tentu bertahap ya, baik pembangunan jembatan maupun jalan lingkar. Dari Okura sampai ke Tol Dumai, juga dari arah Sungai Siak ke batas Kampar menuju Tol Pekanbaru-Jambi," jelasnya.

Ia menerangkan, pembangunan infrastruktur ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan MCC (Milenium Challenge Compact) dari Amerika Serikat. Dimana perusahaan luar negeri tersebut telah menggunakan tanah bagi infrastruktur.

"Untuk proses perencanaan ini tentu memakan waktu. Mungkin secara fisiknya akan terlihat pada tahun 2024 mendatang," jelasnya.

"Selain itu, Pemko juga terus menggesa ini, untuk pengerjaan yang menggunakan APBD, yaitu dari arah Sungai Siak ke arah Tol Pekanbaru-Jambi," pungkasnya. ***