BENGKALIS, GORIAU.COM – Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kecamatan se-Kabupaten Bengkalis akan mulai dilaksanakan, Maret ini. Sesuai jadwal, kecamatan yang pertama kali melaksanakan MTQ adalah Bantan, 8 Maret. Hal itu disampaikan Kabag Kesra Setdakab Bengkalis, H Imam Hakim kepada wartawan, Rabu (6/3/2013). Menurutnya, memang berdasarkan jaDwal, kecamatan yang pertama sekali menyelenggarakan MTQ tingkat kecamatan adalah BantAN..

Setelah Bantan, akan dilanjutkan di Siak Kecil pada tanggal 15 Maret. Berikutnya Kecamatan Mandau pada tanggal 17 Maret dan disusul pada tanggal 23 Maret Kecamatan Bukitbatu. Selanjutnya tanggal 25 Maret akan diselenggarakan MTQ tingkat Kecamatan di Pinggir. Dua hari setelah itu menyusul Kecamatan Rupat.

“Dua kecamatan lagi yaitu Kecamatan Rupat Utara akan menyelenggarakan MTQ pada tanggal 28 Maret dan sebagai penutup Kecamatan Bengkalis pada tanggal 29 Maret,” ujarnya. 

Mantan Sekretaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) mengatakan, syiar Islam melalui pelaksanaan MTQ dirasakan semakin lama semakin meningkat, baik dari sisi penyelenggaraan maupun kualitas. Hampir bisa disaksikan, pelaksanaan MTQ dari tahun ke tahun makin meriah. Begitu juga halnya dengan prestasi dari berbagai cabang perlombaan juga menunjukkan peningkatan secara kualitas. 

Perlu digarisbawahi, sambung Imam, kemeriahan pelaksanaan MTQ, maupun peningkatan kualitas dari para kafilah, bukan bertujuan untuk persiapan MTQ pada tingkatan yang lebih tinggi. Namun, sebagai bagian dari upaya Pemkab Bengkalis untuk lebih membumikan Alquran di tengah-tengah masyarakat. Dalam arti kata, output dari penyelenggaraan MTQ bukanlah meraih prestasi atau kejuaraan-kejuaraan melainkan bagaimana syiar Islam bisa lebih dirasakan. (jfk)