BAGANSIAPIAPI – Baru saja digelar Apel Siaga Karhutla di Rohil, kini Polsek Bangko Pusako dan Koramil Sei Manasib Koramil 0321-05/Rimba Melintang sudah bertungkus lumus memadamkan titik api di Kepenghuluan Sungai Manasib.

Babinsa setempat, Sertu Legianto bersama Masyarakat Peduli Api tengah memadamkan Karhutla yang terletak di RT 10/RW 06 Dusun Harapan Jaya Kepenghuluan Sungai Manasib Kecamatan Bangko Pusako.

Data dirangkum di lapangan ttitik api ini berada di titik Koordinat N 1°46'33.28" - E 100°50'16.98" sejak Rabu, (20/3/2024) kemarin.

Kapolsek Bangko Pusako, Iptu A. Ruben bersama personil dan Masyarakat Peduli Api ( MPA), Kamis (21/3/2024) terus berusaha melakukan penyemprotan air dan mendingan dengan mempergunakan mesin air.

Dan Ramil 05/ Rimba Melintang, Kapten Arh Iswandi Sikumbang, Kamis (21/3/2024) menyebutkan pihaknya dari hari Rabu (20/3/2024) kemarin sampai Kamis (21/3/2024) pagi ini masih di lapangan melakukan pemadaman Karhutla di RT 10/ RW 06 Harapan Jaya Kepenghuluan Sungai Manasib Kecamatan Bangko Pusako tersebut.

"Api di lahan tersebut kelihatan sempat membesar apalagi panas terik terjadi beberapa hari ini,inilah pemicu kebakaran diatas lahan 1,5 hektar,’’ ucap Kapten Arh Iswandi Sikumbang.

Ternyata lahan yang terbakar ini semak belukar warga secepatnya memadamkan api tersebut.

Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong kembali mengimbau dan mengajak Penghulu, Kepala Dusun,Ketua RW dan Ketua RT untuk memonitor dan secara terus-menerus berpatroli guna memastikan keadaan terkini di wilayahnya.

"Tolong memonitor, tingkatkan patroli, jangan membuang puntung rokok sembarangan dan jangan membersihkan kebun atau lahan dengan cara membakar, ini membahayakan,’’ ingat Afrizal Sintong.

Apalagi konsekuensinya adalah pidana terhadap orang yang sengaja melakukan karhutla tersebut tantangan adalah penjara. ***