BENGKALIS, GORIAU.COM - Kerjasama yang baik antara Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) dan Badan Pengelolaan Perbatasan (BPP) Kabupaten Bengkalis, kembali berhasil mengharumkan nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis di tingkat nasional.

Pada Pameran Terpadu Pengelolaan Perbatasan Negara (PTPPN) 2014, stand Kabupaten Bengkalis yang diwakili BPMP2T dan BPP merupakan satu-satunya stand Kabupaten/Kota peserta PTPPN 2014 yang dinobatkan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) sebagai penyelenggara sebagai stand terbaik.

Kepala Bidang Kerjasama dan Promosi Penanaman Modal BPMP2T, Johansyah Syafri menjelaskan, pada PTPPN 2014 yang berlangsung 23-24 September lalu di Mandira Ballroom Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, stand Pemkab Bengkalis memang hanya meraih terbaik II.

''Sementara terbaik I dan III untuk kategori stand Pemerintah Daerah diraih Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Namun untuk kelompok stand kabupaten/kota, dari sekitar 30 Pemerintah Kabupaten/Kota yang memiliki daerah perbatasan dan wilayah perbatasan dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi di PTPPN 2014, hanya stand Kabupaten Bengkalis yang terpilih sebagai stand terbaik,'' jelas Johan, Kamis (25/9/2014).

Ditambahkan Johan, sebagaimana disampaikan Sekretaris BNPP Triyono Budi Sasongko saat acara penutupan, ada tiga aspek yang dinilai dalam menentukan stand terbaik pada PTPP N2014. Yaitu bangunan fisik stand, variasi materi dan informasi yang dipamerkan, serta kemampuan pramustand dalam mengkomunikasikan materi dan informasi kepada pengunjung stand.

''Alhamdulillah, dari ketiga kriteria penilaian yang ditetapkan BNPP, stand Kabupaten Bengkalis satu-satunya terpilih sebagai yang terbaik untuk kelompok stand Pemerintah Kabupaten/Kota dan menjadi terbaik kedua untuk kelompok stand Pemerintah Daerah pada PTPPN 2014,'' papar Johan, seraya mengatakan Inspektur Bengkalis, H Mukhlis, juga meninjau stand Kabupaten Bengkalis di PTPPN 2014.

Johan menuturkan, keberhasilan BPMP2T dan BPP sebagai wakil Pemkab Bengkalis di PTPPN 2014 lebih baik dibanding tahun sebelumnya. ''Pada PTPPN 2013 yang dilaksanakan di Smesco Exebition Hall, Jakarta, stand Kabupaten Bengkalis hanya menjadi terbaik III untuk kelompok stand Pemerintah Kabupaten/Kota.

''Sementara terbaik I dan II di PTPPN 2013 diraih stand Pemkab Kepulauan Anambas (Provinsi Kepulauan Riau) dan stand Pemkab Maluku Tenggara Barat (Provinsi Maluku),'' terang mantan Kabag Humas Pemkab Bengkalis ini.

Dihubungi terpisah, baik Kepala BPMP2T H Hermizon, maupun Kepala BPP Muhammad Amin mengatakan, sama sekali tak menyangka jika stand Kabupaten Bengkalis bakal terpilih sebagai salah satu stand terbaik pada PTPPN 2014. Sebab, ujar keduanya senada, keikutsertaan BPMP2T bersama BPP mewakili Pemkab Bengkalis pada pameran tahun yang keempat tersebut memang bukan untuk itu.

''Sebagai satuan kerja perangkat daerah yang diamanah mengelola wilayah perbatasan di daerah ini, keikutsertaan BPP pada PTPPN 2014 untuk menyampaikan informasi keseriusan Pemkab Bengkalis dalam mendukung program BNPP dalam mempercepat keberhasilan pembangunan di wilayah berbatasan yang ada di daerah ini yang tentunya sangat harapkan juga memperoleh dukungan BNPP. Misalnya dukungan alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat melalui BNPP," jelas Muhammad Amin.

Hal senada dikemukakan Hermizon. Menurutnya, keikutsertaan BPMP2T di PTPPN 2014 juga untuk mendukung program BNPP. Melalui informasi yang disajikan BPMP2T diharapkan BNPP bukan saja mengetahuinya, tetapi dapat dijadikan bahan masukan dalam menyusun kebijakan, program dan kegiatan ke depan.

''Terutama bagaimana menjadikan potensi-potensi unggulan, peluang usaha dan sumberdaya yang ada di kawasan perbatasan di Kabupaten Bengkalis untuk mempercepat dan meningkatkan keberhasilan pembangunan ekonomi masyarakat setempat. Walaupun upaya-upaya itu telah dan tetap akan dilakukan Pemkab Bengkalis, namun dukungan dari BNPP tentu sangat diharapkan,'' imbuh Hermizon.

Meskipun tak menyangka sebelumnya, namun sebagai bentuk apresiasi, keduanya mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf BPMP2T, BPP dan Dekranasda yang bertugas dengan baik dalam mengikuti PTPPN 2014, sehingga berhasil mengharumkan nama kabupaten berjuluk Negeri Junjungan di tingkat nasional tersebut.

''Ke depan koordinasi dan kerjasama yang telah terbina dengan baik antara BPMP2T dan BPP selama ini tetap akan dijalin dan ditingkatkan,'' ujar Hermizon dan Muhammad Amin yang sama-sama hadir pada acara pembukaan PTPPN 2014.(jfk)