DURI - Masalah ekonomi global yang terjadi saat ini membuat sebagian orang harus bisa memutar otak untuk membuka peluang bisnis. Seperti yang dilakukan Ridwan, warga Balik Alam, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau dengan memulai budidaya ikan lele. Alasannya memilih budidaya lele itu karena merupakan salah satu bisnis menguntungkan.

Saat ditemui GoRiau.com di kediamannya, Ridwan bersama dua anak lelakinya tengah menguras satu kolam yang berisi ikan lele. Kolam yang sudah 4 bulan diisi 3000 ikan lele ini siap untuk dipanen dan akan diisi dengan bibit lele dari kolam terpal miliknya.

Menurut Ridwan, banyak keunggulan budidaya lele dibanding ikan air tawar lainnya. Diantaranya lele lebih cepat besar dibandingkan ikan air tawar lainnya. Hanya dalam waktu 3 bulan, lele sudah dapat dipasarkan. Lele juga merupakan salah satu komoditas yang mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional.

"Saat ini tidak hanya warung pecel lele saja yang datang membeli lele kepada kami. Industri rumah tangga juga banyak yang datang untuk membeli dalam jumlah besar. Dimana mereka akan membuat bakso ikan dan nuget ikan lele," kata Ridwan yang semula melakoni budidaya lele ini dari hobinya yang suka memancing ikan.

Banyak orang yang mengeluh saat melakoni bisnis budidaya lele ini, tetapi tidak bagi Ridwan. Dari usaha budidaya lele ini, Ridwan meraup untung besar setiap kali panen. Bahkan ia mampu menyelesaikan sekolah anaknya hingga S2.

"Lele dapat dibudidayakan dengan mudah, dan modal yang tidak terlalu besar untuk pakan nya. Namun dari hasil panen, kita bisa untung dua kali lipat dari modal awal dan pakan ikan hingga besar," tutur bapak 8 anak ini yang enggan menyebutkan nominal keuntungannya setiap kali panen lele nya.

Dengan modal yang tidak terlalu besar dan juga dapat dilakukan di lahan sempit seperti pekarangan rumah, Ridwan yakin siapa saja bisa melakukan usaha budidaya ikan ini.

"Untuk tahap awal memang perlu banyak mengetahui tentang kadar air, pakan ikan, serta hal-hal lainnya tentang budidaya lele ini. Usaha ini dapat diandalkan sebagai sumber pendapatan lain oleh karyawan swasta pada saat ini," beber ayah yang gigih dengan usahanya tersebut dan bisa menyekolahkan anaknya hingga sarjana.(*/rha)