PEKANBARU, GORIAU.COM - Rendahnya alokasi APBN (anggaran pendapatan dan belanja nasional) yang tercurah ke Riau membuat prihatin anggota DPRD Riau, H Ilyas Labay. Orang Riau harus berjuang di Jakarta jika ingin mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Itulah tekad yang disampaikan anggota DPRD Riau H Ilyas Labay SSos MSi yang akhirnya memilih hijrah jadi senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Sebagai bukti keseriusannya, Ilyas, Jumat (19/4/2013) mendaftarkan diri ke KPU Riau sebagai bakal calon anggota DPD RI.

''Saya datang kesini untuk mendaftarkan diri maju sebagai calon senator alias anggota DPD RI. Tadi itu saya membawa sebanyak 5.208 surat dukungan yang dikumpul oleh tim di lapangan. Sementara itu ketentuan yang ditetapkanya KPU hanya sebanyak 3.000 surat dukungan," kata Ilyas Labay didampingi timnya Syafran Almun.

Dikatakanya, ketertarikannya menjadi DPD RI, karena ingin berbuat bagaimana kedepanya Provinsi Riau mendapat kue APBN yang lebih besar, sehingga mampu mensejahterakanya masyarakat di Riau. ''Semua mengetahui saat ini kondisi Provinsi Riau seakan menjadi anak tiri. Padahal, kontribusi Provinsi Riau yang dihasilkan dari Sumber Daya Alam (SDA) dan lainnya itu sangat besar ke pusat. Tapi, pembagiannya ke Riau masih kurang maksimal. Maka langkah satu-satunya harus ke DPD, kita harus berjuang di nasional,'' ungkapnya.

Dikatakanya, selama ini sebagai anggota DPRD, baik dua priode di Kota Dumai, dan sekarang masih aktif di DPRD Riau, dirinya sudah berbuat maksimal. Namun karena Riau selalu mendapat kue APBN yang rendah, maka dirinya bertekad untuk bisa berjuang di pusat.

"Saya melangkah ke DPD atau menjadi Senator di pusat ini akan berjuang untuk masyarakat di Provinsi Riau. Makanya, sangat diharapkan dukungan dari elemen masyarakat, sehingga apa menjadi tujuan bersama menggaet APBN bisa tercapai,'' kata Ilyas Labay, seraya bantah isu kalau dirinya lari Partai Golkar. (rdi)