SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, melantik 23 penjabat (Pj) kepala desa (Kades). Usai pelantikan, Pj Kades ini diminta membangun komunikasi yang baik dengan stakeholder hingga Pilkades serentak tahun 2019.

Pelantikan yang digelar Jumat tanggal 7 Desember 2018 itu guna mengisi kekosongan tampuk pimpinan pemerintahan desa karena Kades terpilih telah habis masa bhaktinya. Setidaknya, hingga Desember 2018, ada sekitar 48 Kades berakhir masa bhaktinya dan menjelang Pilkades serentak diisi oleh Pj.

Usai melakukan pelantikan Bupati Irwan mengatakan, proses pelantikan ini merupakan poses penataan organisasi tingkat pemerintahan desa. Sebab Kades terpilih telah berakhir masa jabatan. Dan Pj Kades yang dilantik saat ini memiliki kewenangan penuh hak dan kewajiban terhadap Pemerintahan Desa layaknya Kepala Desa Defenitif. Kata Irwan lagi, yang perlu dipahami Pj Kades adalah, jabatan ini merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten di wilayah Desa masing-masing. Dengan kata lain sama persis, jabatan pejabat struktural yang dapat berganti posisi kapanpun sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Jabatan Kades sejatinya merupakan jabatan politik. Karena terpilih dalam suatu proses pemilihan oleh masyarakat sesuai dengan kehendak politik masyarakat setempat. Berbeda dengan Lurah, Pj Kades yang diangkat langsung oleh Bupati namun memiliki status yang sama dengan Kades terpilih.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18122018/2jpg-7719.jpg

Lebih jauh disampaikan orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu, jabatan Kades saat ini memiliki tantangan dan peluang yang semakin besar. Dari data, yang akan diterima Desa 2019 sesuai intruksi Presiden RI, dana Desa ditingkatkan Rp1 miliar/ desa. Dan Dana Desa dari Pemda Meranti sendiri (ADD) sebesar Rp800 juta. Jadi, jika ditotal akan berjumlah Rp1.8 miliar belum termasuk dana bantuan Pemerintah Provinsi Riau.

"Pj Kades harus dapat secara cermat menggunakan prinsip kehati-hatian dan berorientasi pada kepentingan rakyat. Serta tidak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari," ujar Bupati Irwan mengingatkan.

Apa yang disampaikan Bupati Irwan itu bukan tanpa alasan. Hingga saat ini, ada beberapa Kades terpaksa berhadapan dengan masalah hukum akibat tidak selesainya masalah administrasi keuangan.

Hal lainnya yang diingatkan Bupati kepada Pj Kades yang baru saja dilantik dapat membangun komunikasi yang baik dengan semua Stakeholders karena dalam proses pengelolaan pemerintahan desa akan terus berhubungan.

Pj Kades harus menjalin juga komunikasi dengan tokoh masyarakat serta pemuda agar semua kebijakan yang dikeluarkan tidak mendapat penolakan. Juga harus melakukan konsolidasi dengan masyarakat agar tercipta stabilitas desa sehingga kondisi desa berjalan aman, damai tanpa gejolak.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18122018/3jpg-7718.jpg

Dalam melaksanakan roda pemerintahan Desa, Pj Kades juga diingatkan selama menjabat tidak dibenarkan melakukan perubahan mendasar yang dapat menghambat program desa, dan kebijakan yang dikeluarkan jangan sampai menjadi beban Kepala Desa defenitif nantinya. Setiap kebijakan strategis yang diambil harus dipertimbangkan dengan matang agar tidak menimbulkan masalah. Sebelum mengeluarkan kebijakan koodinasikan dulu dengan BPD dan tokoh Masyarakat jangan buat hal yang meresahkan masyarakat.

"Sehingga pembangunan dapat berjalan dengan semestinya," ucap Bupati.

Pesan yang tak kalah penting menurut Bupati Irwan, Pj Kades yang dilantik dapat mempersiapkan pemilihan Kades pada Bulan Mei 2019 mendatang. "Semoga Pj. Kades dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai harapan masyarakat dan peraturan perundang undangan yang berlaku," ujar Bupati Irwan.

48 Kades Habis Masa Bhakti

Menurut Kepala Dinas PMD Kepulauan Meranti Ikhwani, tahun 2018, ada sekitar 48 Kades berakhir masa bhaktinya. Hingga Pilkades serentak yang rencananya digelar Mei 2019, jumlah Kades yang akan berakhir masa bhakti bertambah, menjadi 52 orang.

"Sekitar 52 orang Kades yang habis masa tugasnya," kata Ikhwani.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18122018/4jpg-7717.jpg

Dijelaskan Ikhwani, sesuai instruksi Bupati Irwan, Pilkades serentak di Kepulauan Meranti akan dilaksanakan usai pelaksanaan Pemilu Serentak April 2019.

Pada beberapa kesempatan, Bupati Irwan telah menegaskan bahwa menggelar Pilkades serentak pada tahun politik sangat riskan. Ia tak berani menjamin Pilkades serentak berjalan dengan baik. "Ini sangat riskan. Saya tidak berani bertaruh dengan jaminan ketertiban, keamanan dan sebagainya. Oleh karenanya, Pilkades serentak 2018 akan ditunda setelah Pemilu dan Pilpres," kata Irwan.

Berikut 23 nama Pj Kades yang dilantik Bupati Irwan, sesuai data yang dirilis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Kepulauan Meranti;

1. Sri Wahyuni MIP Pj. Kepala Desa Permai Kec. Rangsang Barat2. Fauzan SE Pj. Kepala Desa Mekar Baru Kec. Rangsang Barat3. Amiruddin Pj. Kepala Desa Padang Kamal Kec. Pulau Merbau4. Zaujar Pj. Kepala Desa Bantang Meranti Kec. Pulau Merbau5. Bastian SIP Pj. Kepala Desa Tj. Gemuk Kec. Rangsang6. M. Taufik SIP Pj. Kepala Desa Dwi Tunggal Kec. Rangsang7. Syahroni S.Sos Pj. Kepala Desa Tebun Kec. Rangsang8. Fauzy SE Pj. Kades Sungai Tengah Kec. Merbau9. Sabar SE Pj. Kepala Desa Sungai Tohor Barat10. Darmawi Pj. Kepala Desa Batin Suir Kec. Tebing Tinggi Timur11. Putra Apriza Pj. Kepala Desa Sungai Anak Kamal Kec. Merbau12. Iskandar Pj. Kepala Desa Sendanu Darul Ihsan Kec. Tebing Tinggi Timur13. Amri Pj. Kepala Desa Insit Kec. Kec. Tebing Tinggi Barat14. Rusli A Pj. Kepala Desa Maini Darul Aman Kec. Tebing Tinggi Barat15. Resopin S.Pd Pj. Kepala Desa Alai Selatan Kec. Kec. Tebing Tinggi Barat16. M. Arif Pj. Kepala Desa Mengkikip Kec. Tebing Tinggi Barat17. Mahmuddin Pj. Kepala Desa Tj. Darul Takzim Kec. Tebing Tinggi Barat18. Umar Shaleh Pj. Kepala Desa Mantiasa Kec. Tebing Tinggi Barat19. Muhayar Pj. Kepala Desa Wonosari Kec. Rangsang20. Darwin Pj. Kepala Desa Banglas Kec. Tebing Tinggi21. M. Nazir Pj. Kepala Desa Mekar Delima Kec. Tasik Putri Puyu22. Sutriyatno Pj. Kepala Desa Beting Kec. Rangsang Pesisir23. Ahmadi SPd Pj. Kepala Desa Tenggayun Raya Kec. Rangsang Pesisir.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18122018/5jpg-7716.jpg

Turut hadir dalam pelantikan itu, Ketua DPRD Meranti H Fauzi Hasan, Asisten III Setdakab Meranti Drs H Rosdaner MSi, Asisten I Drs Jonizar SH, Danramil Selatpanjang Mayor TNI Girsang, Wakapolres Meranti Kompol Mardison, Staf Ahli Bupati H Said Asmaruddin, Danposal, Inspektor Drs Suhendri, Kepala BKD Alizar SSos MSi, Kepala Bagian Humas dan Protokol Hery Saputra SH, para Pj Kades dan lainnya.

Pelantikan Pj Kades di Aula Afifa Sport itu berlangsung khidmat. Diawali dengan pengucapan sumpah oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, diikuti oleh seluruh Pj Kades yang dilantik. Lalu dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh perwakilan Pj Kades serta pemasangan tanda jabatan. (advertorial)