TELUKKUANTAN, GORIAU.COM – Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis melakukan panen raya padi di Desa Petapahan, Kecamatan Gunung Toar, Kamis (22/1/2015). Hadir juga pada panen raya tersebut  staf ahli Menteri Pertanian RI Bidang Lingkungan Mukti Sardjono, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Riau, Sekretaris Badan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Riau, Kepala BPTP Provinsi Riau serta para pejabat di lingkungan Pemkab Kuansing.

Bersempena dengan panen raya tersebut Bupati Kuansing Sukarmis juga mencanangkan program gerakan perbaikan irigasi di Kabupaten Kuansing. Program tersebut, menurut Sukarmis dimaksudkan mendukung program pemerintah pusat mencapai swasembada pangan.

“Gerakan perbaikan irigasi ini instruksi langsung dari Presiden RI Ir H Joko Widodo melalui Kementrian Pertanian RI. Tujuannya mewujudkan swasembada padi, jagung dan kedelai secara nasional. Oleh karenanya, seluruh daerah diminta melakukan gerakan tersebut,” kata Sukarmis. Diungkapkan Sukarmis, penanaman padi dua kali dalam setahun atau IP 200, sudah biasa dilaksanakan di Kuansing, namun belum di semua daerah. Sebab di sejumlah wilayah terdapat kendala terkait dengan hewan ternak.

"Di sebagian daerah, ada aturan adat mengenai ternak, yakni enam bulan lepas dan enam bulan dikurung. Selama ini, hal inilah yang menjadi kendala bagi kita melaksanakan penanaman padi dua kali setahun," katanya.sab