BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menargetkan pembangunan Mess Pemkab di Jalan Sudirman dan Gedung Pertemuan di Jan A Yani tuntas tahun 2014. Untuk itu ia meminta kepada SKPD terkait untuk serius menyelesaikannya, termasuk mempriritaskan anggaran untuk kedua bangunan tersebut.

''Saya minta kedua bangunan ini diselesaikan pembangunannya tahun 2014. Untuk itu dalam penganggaran harus sampai tuntas, jangan terkesan setengah-setengah seperti yang terjadi selama ini,'' tegas Bupati ketika meninjau pembangunan kedua gedung tersebut didampingi Kepala Dinas PU, Muhammad Nasir, pekan lalu.

Pada kesempatan itu Bupati mengingatkan kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk memperhatikan skala prioritas dalam menyusun anggaran. Jika suatu pekerjaan tersebut sangat dibutuhkan untuk cepat diselesaikan, maka harus ada skala prioritas, termasuk soal penganggarannya.

''Selama ini saya melihat ada pembangunan gedung yang belum begitu mendesak, tapi dipaksakan bisa cepat selesai. Tapi begitu selesai dibangun tidak difungsikan. Sementara ada bangunan yang mendesak untuk diselesaikan karena dibutuhkan untuk digunakan, tapi tidak maksimal penganggarannya sehingga lama penyelesaiannya,'' sindir Bupati.

Seperti diketahui pembangunan gedung pertemuan sudah masuk tahun keempat namun tidak kunjung tuntas. Selain anggaran yang dialokasikan setiap tahunnya relatif kecil, pelaksanaan kegiatan juga sering terlambat karena lamanya proses lelang. Seperti tahun ini anggaran untuk lanjutan pembangunan struktur bangunan hanya sekitar Rp5 miliar. Demikian halnya dengan Mess Pemkab.

Selain terkait prioritas penganggaran, Bupati juga kembali mengingatkan SKPD untuk secepatnya mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sehingga proses lelang dapat segera dilakukan. Jika perlu Desember lelang sudah bisa dilakukan tanpa harus menunggu APBD disahkan.

Aturan membolehkan hal itu untuk dilakukan, tinggal berkoordinasi dengan DPRD. Untuk pelaksanaan pekerjaan fisiknya baru setelah APBD disahkan.jfk