TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Hari ini, 12 Oktober 2015 Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau genap berusia 16 tahun. Meski tergolong remaja, Kuansing sudah memiliki nama di kancah nasional lewat berbagai prestasi dan hal itu tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dikatakan Bupati Kuansing, H. Sukarmis, peringatan hari jadi merupakan momen yang sangat berharga guna mengingatkan sejarah berdirinya Kuansing.

"Apabila kita melihat ke 16 tahun belakang, kita pesimis Kuansing bisa seperti ini, sejajar dengan kabupaten kota lainnya di Indonesia. Sebab, ketika awal berdiri kita dihadapkan dengan pelbagai persoalan, seperti SDM, infrastruktur, sarana dan prasarana," ujar Sukarmis.

Kendati demikian, lanjut Sukarmis, dengan menyadari semua keterbatasan tersebut, kita bisa maju berkat rasa optimis dan semangat untuk maju. "Semua itu dilandasi semangat 'basatu nagori maju', kita bisa melangkah menjalankan roda pemerintahan."

"Hasilnya dapat kita lihat dan rasakan saat ini," ulas Sukarmis.

Dikatakan Sukarmis, beberapa hal yang bisa dilihat dan dirasakan pada saat ini yakni, pembangunan tiga pilar telah selesai dibangun pada tahun ini. Tiga pilar tersebut yakni pasar tradisional berbasis modern, pembangunan kampus Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks) dan hotel.

"Akhir tahun ini kita sudah bisa memanfaatkannya, tinggal diresmikan lagi. Dengan adanya ini, harus bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian serta peningkatan berbagai aspek kehidupan masyarakat," urai Sukarmis.

Selain itu, tidak ada lagi daerah di Kuansing yang terisolasi, berkat selesainya jembatan penghubung dengan daerah yang berada di seberang sungai Kuantan.

"Untuk pendidikan, kita sudah membangun gedung sekolah mulai dari SD sampai SMA. Bahkan, kita menggratiskan sekolah sebagai wujud nyata mendukung wajib belajar 12 tahun," tutup Sukarmis.(***)