PALEMBANG – Seorang mahasiswi berinisial NY (21) ditemukan tergantung dalam kondisi tak bernyawa dalam kamar rumahnya di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan.

Korban diduga nekad mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri karena malu dirinya hamil di luar nikah atau tanpa suami.

Dikutip dari merdeka.com, jasad korban pertama kali ditemukan ayah dan ibu sambungnya pada Rabu (16/3/2022) malam. Berawal ketika keduanya mencium bau menyengat dari kamar korban.

Ayahnya mencoba membuka kamar korban, namun gagal karena dikunci dari dalam. Sang ayah kemudian mencoba mengintip dari celah ventilasi kamar. Dia sangat terkejut melihat ada sosok yang tergantung

Orang tua korban selanjutnya menghubungi ketua RT setempat dan diteruskan ke kepolisian. Setelah pintu didobrak, diketahui bahwa sosok yang tergantung adalah NY dan kondisinya sudah membusuk.

Kapolsek Ilir Barat I Palembang Kompol Roy Tambunan menuturkan, korban diduga tewas sekitar tiga hari sebelum ditemukan. Hal ini nampak dari fisik korban yang sudah membusuk.

''Diduga murni gantung diri karena pintu dalam keadaan baik saat didobrak dan tidak ada tanda-tanda kekerasan di tubuhnya,'' ungkap Roy, Kamis (17/3).

Dari keterangan rekan-rekannya, korban tengah hamil dua bulan dari hubungan di luar nikah. Sebelumnya dia juga pernah hamil dan memiliki anak berusia 11 bulan dari hubungan gelapnya. Anak tersebut diasuh keluarganya. Hal itu diduga membuat korban sangat malu sehingga frustasi dan nekad mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

''Dugaannya seperti itu dari keterangan yang didapat dari teman-temannya,'' kata Roy.

Roy menjelaskan, korban merupakan mahasiswi semester akhir di salah satu perguruan tinggi negeri di Palembang. Dari pengakuan orang tuanya, mereka terakhir bertemu dengan korban saat pamit kuliah, Jumat (11/3).

Keberadaannya di kamar tidak diketahui orang tuanya karena selama ini korban bersikap cuek dan kerap meninggalkan rumah berhari-hari. Korban diduga pulang tanpa sepengetahuan keluarganya dan langsung gantung diri.

''Orang tuanya tidak mencari karena korban sering tidak pulang, sudah biasa seperti itu. Ternyata korban di kamarnya dan baru tahu sudah meninggal karena mencium bau menyengat,'' pungkasnya.***f