TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Sejak 10 tahun terakhir, partisipasi dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sangat dirasakan oleh masyarakat dalam mensukseskan Iven Pacu Jalur di Kuantan Singngi (Kuansing). Perusahaan yang bergerak di bidang kertas ini tidak hanya berkontribusi saat iven berlangsung, tapi juga dalam pembuatan jalur.

"Ini memang sudah komitmen dari PT RAPP dalam pelestarian kebudayaan lokal dan kami bangga menjadi bagian dari pacu jalur," ujar Direktur PT RAPP Rudi Fajar saat menghadiri pembukaan Pacu Jalur di Lapangan Limuno Telukkuantan, Kamis (20/8/2015) siang.

Ia datang bersama SHR Manager PT RAPP untuk Kuansing dan Kampar Edy Yusuf beserta kepala-kepala estate yang ada di Kuansing.

Menurut Rudi, kebudayaan seperti ini sangat langka di Indonesia. Untuk itu, sebagai perusahaan yang beroperasi di Kuansing, harus memberikan dukungan penuh dalam melestarikan pacu jalur.

"Setiap waktu, kapan pun itu, kita selalu siap dalam membantu masyarakat untuk pembuatan jalur. Dimulai mengeluarkan kayu dari dalam hutan ke perkampungan sampai mensponsori jalur-jalur yang akan berpacu," ujar Rudi.

Berbicara bahan baku jalur, Rudi menyatakan PT RAPP memiliki pembibitan khusus untuk kayu jalur. Hal ini untuk mengantisipasi berkurangnya kayu jalur yang ada di greenbale Kukok.

"Di estate Cerenti, kita memiliki nurseri khusus kayu jalur dan Insya Allah besok Unri akan berkunjung," ujar Rudi.(***)