BENGKALIS, GORIAU.COM - Kenapa stand kecamatan paling banyak dikunjungi? Tentunya harus kita kupas alasannya. Tidak hanya hidangan makanan lezat saja, tetapi karya tangan orang-orang Mandau patut diacungkan jempol. Seperti jahitan baju gamis karya ibu-ibu PKK dan ibu-ibu dari BKMT.

Ketua TP PKK Kecamatan Mandau, Hj Mulyani mengakui kualitas jahitan ibu-ibu Mandau sangat bagus dan harga juga sangat miring dibandingkan beli jadi dipasar atau toko. Selain mahir dalam menjahit, ibu-ibu di Mandau juga sangat kreatif dalam membordir kain. Bahan pakaian dibordir teliti dengan design yang diinginkan pemakainya.

"Inilah karya ibu-ibu Mandau yang kita kembangkan dan kita bina melalui program Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Seperti kegiatan kursus jahit, mesin dan bahan memang sudah disediakan oleh dinas terkait hingga peserta kursusnya bisa dan terlatih," Hj Mulyani pada GoRiau disela pembukaan bazar MTQ Kabupaten Bengkalis ke 40.

Dipaparkan Istri Camat Mandau ini, sebagai informasi kepada masyarakat Bengkalis dan sekitarnya, stand kecamatan Mandau tidak hanya menjual baju gamis saja. Banyak karya tangan atau kerajinan tangan dari pelajar SMP serta masyarakat Mandau lainnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30052015/2jpg-2303.jpg

Baju hasil jahitan ibu-ibu di Kecamatan Mandau langsung diperagakan di pawai ta'aruf.

"Ada hiasan dinding dari kain perca, tempat aqua gelas, tempat tisu dari bahan bekas. Berbagai kerajinan dari baham tempurung seperti frame foto, asbak, souvenir acara pernikahan, bros jilbab, lampu hias, tas dari dus bekas. Hasil kerajinan tangan ini juga sudah sering banyak yang dipesan daerah luar. Ada yang pesan untuk oleh-oleh ada juga yang pesan untuk souvenir acara-acara besar," kata Mulyani menjelaskan.

Ketua PKK yang sangat dekat dengan anggotanya ini pun mengakui ibu-ibu PKK Kecamatan Mandau sangat kreatif dalam mengolah barang-barang bekas atau kemasan bekas menjadi suatu barang yang memiliki nilai jual.

"Banyak tas yang dibuat ibu-ibu PKK Mandau dari bahan bekas. Begitu kita promosikan dalam setiap kegiatan banyak yang memesan. Itu membuktikan karya ibu-ibu PKK Mandau memang luar biasa. Kesungguh-sungguhannya dalam menciptakan produk itu membuahkan hasil. Ini pun bisa menjadi penghasilan sampingan ibu-ibu rumah tangga yang tidak bekerja diluar," ulasnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30052015/3jpg-2302.jpgStand Kecamatan Mandau di MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis ke-40.Dicontohkannya lagi, ibu-ibu di kecamatan Mandau juga memiliki prestasi yang luar biasa hingga ketingkat Nasional. Salah satu grup marawis di Mandau sudah beberapa kali tampil pada televisi nasional dan bahkan menjadi juara pertama dalam acara D'terong Show di Indosiar.

"Ini lagi-lagi bukti, ibu-ibu di Mandau selain kreatif dalam membuat kerajinan dan makanan, mereka juga kreatif dibidang kesenian. Dalam pembukaan MTQ kabupaten Bengkalis Ke 40 ini grup Marawis juga akan menampilkan lagu-lagu islami yang akan membuat terkagum," pungkas Mulyani.

Bahkan ditengah kesibukannya, lanjutnya lagi, ibu-ibu di Mandau juga masih sempat mengikuti setiap pengajian yang ada diwilayahnya masing-masing maupun pengajian yang dilaksanakan oleh PKK kecamatan setiap minggunya. (ric)