PEKANBARU – Hingga kini tak terlihat langkah Ketua DPD I Golkar Riau, Syamsuar tengah melobi atau mendaftar ke partai lain sebagai Bakal Calon (Bacalon) Gubernur Riau.

Kondisi ini membuat muncul berbagai spekulasi jika mantan Gubernur Riau itu tidak akan maju di Pilkada Gubernur Riau.

Namun hal itu dibantah oleh Sekretaris DPD I Partai Golkar Riau Indra Gunawan Eet. Menurutnya, Syamsuar, adalah kandidat kuat Calon Gubernur Riau 2024-2029 dari partainya.

Indra Gunawan Eet mengaku heran banyak pihak-pihak yang tanpa dasar menyebut bahwa Syamsuar tidak akan maju di Pilgubri.

Dijelaskan Eet, Syamsuar adalah kader senior Partai Golkar, yang sudah sangat banyak pengalaman dalam kontestasi politik dan berdasarkan survei terakhir, Syamsuar masih menjadi kandidat dengan hasil survei tertinggi. Artinya, sosok Syamsuar sangat diperhitungkan dalam Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubril).

"Jadi, kami hanya ingin menegaskan bahwa Pak Syamsuar adalah kader Partai Golkar yang sudah sudah sangat siap untuk maju Pilgubri. Ini perlu disampaikan untuk membantah isu-isu yang mengatakan bahwa Pak Syamsuar tidak berani maju, atau isu-isu lain," katanya, Jumat (26/4/2024).

Karena sampai hari ini, sambung dia, tak ada satupun pernyataan resmi bahwa Syamsuar tidak akan maju.

"Saya tidak tahu itu informasi dari mana, karena yang kami tahu adalah Pak Syamsuar sangat siap maju di Pilgubri," jelas anggota DPRD Provinsi Riau terpilih ini.

Tak hanya itu, lanjut pria yang akrab disapa Engah Eet ini, Syamsuar juga tengah menjalin komunikasi politik dengan partai lain untuk membentuk koalisi.

"Syarat maju Pilgubri itu kan harus punya 14 kursi di DPRD Riau, dan tidak ada partai yang punya kursi sebanyak itu, sehingga perlu koalisi. Jadi kita perlu komunikasi politik dengan partai lain, dan ini yang sedang digesa oleh Pak Syamsuar," ujar Engah Eet. ***