PEKANBARU, GORIAU.COM - Meski belum ditetapkan waktu pelaksanaannya, namun Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) tahun ini sudah pasti diselenggarakan di Provinsi Jambi dengan melibatkan enam cabang olahraga. Diantaranya sepakbola, voli, bulutangkis, tenis lapangan, silat dan basket.

Sementara dari enam cabang tersebut, hanya tiga cabang olahraga yang masuk dalam pembinaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Dispora Riau, yakni sepakbola, silat dan tenis lapangan.

"Dari PPLP hanya tiga cabang, tiga lagi di luar PPLP, ini merupakan ajang kualifikasi jelang Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) 2015 mendatang," kata Kepala UPT dan Pelatihan Dispora Riau, H Akhyar kepada GoRiau.com, Rabu (29/1/2014).

Namun begitu, Akhyar telah menegaskan kepada seluruh pelatih untuk menguatkan program latihan jelang pelaksanaan Popwil ini. Karena dijelaskannya, untuk lolos ke Popnas 2015, seluruh cabang yang mengikuti Popwil harus lolos kualifikasi.

Selain itu, wacana KONI Pusat untuk menjajal Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja pada November 2014 ini. Meski bukan menjadi beban utama, namun dijelaskan Akhyar tentu menjadi tanggung jawab Dispora Riau juga untuk menyiapkan atlet-atlet muda.

"PON Remaja melibatkan atlet-atlet muda yang usia rata-rata sesuai dengan binaan PPLP kita saat ini. Sedikit banyaknya jika jadi dilangsungkan, akan melibatkan mereka juga nantinya," tandas Akhyar.(***)