BENGKALIS, GORIAU.COM - Kecamatan Bantan kembali mengukir prestasi pada lomba cipta menu tingkat Kabupaten Bengkalis yang ditaja Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian dan TP PKK Bengkalis dengan keluar sebagai juara pertama. Peringkat kedua diraih Rupat dan juara tiga Mandau.

Penilaian dilakukan oleh dewan juri dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Badan Ketahanan Pangan Bengkalis, Asosiasi Chef Indonesia Riau, TP-PKK Kabupaten Bengkalis dan Dinas Kesehatan (Diskes) Bengkalis.

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Bengkalis, Muhammad Fauzi, Selasa (13/5), ada lima kriteria yang harus dipenuhi oleh peserta lomba cipta menu tingkat Kabupaten Bengkalis ini. Dari penilaian akhir, Kecamatan Bantan yang tahun lalu tampil sebagai juara kembali dinobatkan sebagai yang terbaik Tahun 2014 ini. 

Kegiatan ini diikuti 56 orang perserta dari 8 kecamatan. Atas keberhasilan ini Bantan meraih piala bergilir, piala tetap dan uang pembinaan sebesar Rp4 juta. Juara kedua meraih piala tetap dan uang pembinaan Rp3,5 juta dan juara ketiga piala tetap dan uang pembinaan Rp2,5 juta. Panitia juga menyediakan uang pembinaan untuk 5 kecamatan masing-masing Rp2 juta.

''Sementara untuk menu terbaik akan mewakili Kabupaten Bengkalis untuk lomba cipta menu tingkat Provinsi Riau,'' ujar Fauzi. (jfk)