RENGAT,GORIAU.COM - Guna menjemput aspirasi masyarakat untuk dimasukan pada rencana pembangunan daerah di tahun 2016 mendatang, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sejak beberapa hari lalu, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Inhu.

Musrenbang kali ini dilaksanakan di Kecamatan Rakit Kulim yang dipusatkan di halaman kantor camat tersebut, Rabu (25/2/2015).

Hadir dalam acara tersebut, Plt Sekda Inhu, H Agus Rianto, Danramil 0302 Inhu, para Kadis, Kaban, Kakan, Kabag dan Kabid serta Kepala Desa se Kecamatan Rakit Kulim. Tampak juga hadir, anggota DPRD Dapil III Inhu, Wisma Happy, Nur Syamsiah dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Plt Sekda Inhu, H Agusrianto membacakan sambutan Bupati Inhu, H Yopi Arianto menyebutkan bahwa Musrenbang ini sangat penting untuk dilaksanakan. Karena Musrenbang ini merupakan ajang diskusi dalam konteks silaturahmi dan kekeluargaan antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah kecamatan serta masyarakat desa.

Selain itu, Musrenbang ini juga merupakan cara peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang belum tercukipi terkait program pembangunan. Namun demikian, hasil Musrenbang tentu harus dipilah dan pelaksanaannya tentu sesuai dengan skala prioritas, tutup Agusrianto.

Dalam pada itu, warna permintaan masyarakat dalam Musrenbang kali ini tidak jauh berbeda dengan permintaan kecamatan lain, yaitu pembangunan pasilitas infrastruktur jalan, jembatan dan sarana lainnya.

Dalam Musrenbang itu, terungkap bahwa Kecamatan Rakit Kulim merupakan penerima kucuran dana dan pembangunan terbesar pada tahun 2015. Bahkan, sejak tahun 2013 lalu, Kecamatan Rakit Kulim juga sebagai kecamatan penerima kucuran dana kesehatan serta pembangunan sarana kesehatan terbesar di Kabupaten Inhu.

Sedangkan untuk tahun 2016 mendatan, pemerintah Kecamatan Rakit Kulim kembali mengajukan anggaran sebesar Rp200 miliar untuk peningkatan pembangunan terutama infrastruktur serta peningkatan sumber daya masyarakat.(jef)