JAKARTA - Pengunjung media sosial dikejutkan dengan foto Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang terlihat berperan sebagai sopir untuk Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir saat mereka mengunjungi PT Pindad di Malang, Jawa Timur. Di dalam foto tersebut, Prabowo tampak fokus mengemudikan kendaraan taktis Maung Pindad, dengan Jokowi dan Iriana duduk di belakang dan Erick Thohir di sebelahnya.

Foto tersebut, yang diunggah oleh Erick Thohir di media sosialnya, menjadi topik hangat dan menimbulkan berbagai spekulasi, termasuk apakah ini menjadi simbol dukungan Jokowi terhadap pasangan Prabowo dan Erick dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin, memberikan pandangannya terkait hal ini. "Ini bisa jadi simbol dukungan Jokowi kepada pasangan Prabowo-Erick Thohir," ucap Ujang dalam wawancara dengan Tempo, Senin, 24 Juli 2023. "Mereka ini bagian dari pemerintah, jadi wajar kalau tampak akrab," tambahnya.

Ujang Komarudin juga berpendapat bahwa Jokowi tampaknya sedang berusaha mempersatukan keduanya untuk Pilpres 2024. "Jokowi sepertinya sedang mencoba untuk mempersatukan mereka, dengan sering kali mempertemukan mereka dalam satu agenda," katanya.

Menurut Ujang, Prabowo dan Erick memiliki potensi besar untuk memenangkan Pilpres 2024 jika mereka bersanding. "Mereka saling melengkapi, dan kedua kelompok ini mewakili nasionalis dan Islam, dengan dukungan PBNU," ujarnya.

Meski demikian, Jokowi membantah spekulasi tersebut. Menurutnya, kunjungan mereka ke PT Pindad adalah murni dalam rangka pekerjaan dan tidak ada hubungannya dengan politik. "Tidak ada hubungannya dengan yang ditanyakan (memasangkan Prabowo dan Erick)," tegas Jokowi. Dia menjelaskan bahwa kunjungan itu bertujuan untuk meninjau PT Pindad yang saat ini tengah mendapat banyak permintaan ekspor. ***