PANGKALAN LESUNG, GORIAU.COM - Calon Gubernur Riau, H Jon Erizal diyakini akan mampu membawa Riau yang lebih kemilau jika terpilih sebagai Gubernur Riau 2013 - 2018 mendatang. Kemampuan lobinya ke pusat yang setara bahkan pada beberapa sisi lebih baik dari Gubernur Riau saat ini, Rusli Zainal, diyakini akan mampu mengarahkan kegiatan-kegiatan APBN ke daerah Riau.

Kecakapan, kepiawaian dan kesantunan Jon Erizal dalam lobi itu diyakini akan membawa Riau lebih diterima pemerintah pusat. Jika sudah begitu, pembangunan Riau akan terkoneksi ke pusat dan banyak program pembangunan infrastruktur jalan, listrik dan air bersih (Jalita) akan tuntas.

''Menuntaskan persoalan yang dihadapi masyarakat Riau, seperti pembangunan infrastruktur jalan, listrik dan air bersih (Jalita) tidak cukup dari dana APBD Provinsi Riau, namun memerlukan sumber dana lainnya agar permasalahan itu dapat cepat dituntaskan. Salah satu sumber dana tersebut berasal dari APBN dengan menarik dana pusat bagi kegiatan pembangunan di daerah Riau,'' ujar Calon Wakil Gubernur Riau dengan nomor urut 5 Mambang Mit saat berkampanye dialogis, Senin (26/8/2013) di Desa Mayang Sari Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan.

Cawagubri Incumbent Mambang Mit yang didampingi Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan dari PAN, Habibi Hapri saat berkampanye menjelaskan, untuk menarik dana pusat yang triliunan jumlahnya itu butuh lobi ke pemerintah pusat dan memerlukan orang yang sudah memiliki link dan komunikasi yang baik dengan pemerintah pusat, dan orang yang di maksud tidak lain tidak bukan adalah Calon Gubernur Riau, Jon Erizal.

''Selama ini kita mengandalkan kemampuan sendiri melalui APBD, memang lebih besar APBD kita dibandingkan provinsi tetangga tetapi, mereka punya infrastruktur lebih baik, karena daerah tersebut memiliki putera daerah yang bisa menghubungkan program pusat untuk daerah itu sehingga banyak dana pusat yang dilaksanakan di daerah,'' terang Cawagubri yang diusung PAN dan PKS itu.

"Saya melihat Pak JE ini bisa melaksanakan itu karena. sudah punya hubungan yang baik di pusat sehingga dapat menarik anggaran pusat untuk pembangunan di daerah Riau untuk mempercepat realisasi Jalita,'' sebut Mambang Mit.

Dengan demikian lanjut Mambang Mit akan lebih banyak lagi dana yang akan digunakan untuk kegiatan pembangunan seperti peningkatan jalan, Ketersedian listrik dan air bersih serta pembangunan sekolah dan pemberian beasiswa untuk masyarakat pintar kurang mampu.

''Untuk itu tolong diingat pada tanggal 4 September Bapak-Bapak jangan lupa untuk memilih dan mencoblos pasangan nomor urut 5,'' ajak Mambang Mit.

Masyarakat desa itu dalam kesempatan itu menyatakan akan mendukung pasangan Cagubri dan Cawagubri yang disingkat JE-MM pada Pilgubri seperti yang diungkapkan salah seorang warga Adi Prayitno.

''Namun bila terpilih jangan dilupakan kebutuhan di desa kami ini Pak, seperti jalan yang masih ada rusak, juga listrik,'' ujar Adi Prayitno mewakil warga setempat. (rls)