PEKANBARU, GORIAU.COM - Keluarnya rekomendasi terhadap kualitas Jembatan Siak III dari Kementerian Pekerjaan Umum, dimana jembatan tersebut harus diperbaiki, belum disikapi dengan aksi lapangan oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau. Rencananya, perbaikan dengan pembongkaran akan dilakukan usai pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Provinsi Riau.

''Kita akan perbaiki usai PON, kalau sekarang nggak mungkin karena sangat dibutuhkan mendukung PON, apalagi jembatan itu sangat diperlukan untuk keluar dari arena Rumbai Sports Centre menuju kota Pekanbaru,'' ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau, SF Hariyanto dihadapan anggota Komisi C DPRD Riau pada rapat dengar pendapat, Rabu (5/9/2012) siang.

Rencananya, perbaikan jembatan Siak III akan dilakukan dengan pergantian hanger dan kabel still jembatan. Pekerjaan ini otomatis akan menutup sementara jembatan untuk masyarakat. Perbaikan akan dilakukan oleh kontraktor karena masih tanggungjawab pelaksana.

''Saya jamin sampai PON, Jembatan Siak III aman untuk digunakan, jadi jangan khawatir,'' tegas Hariyanto.

Sementara itu anggota Komisi C DPRD Riau, Ir H Kirjuhari kepada wartawan mengatakan, sesuai komitmennya, PU harus bertanggungjawab.

''Kalau terjadi apa-apa Kadis PU yang harus bertanggungjawab, apalagi kalau jembatan itu roboh,'' ujarnya. (***)