SIAK SRI INDRAPURA – Dr Afni Z, MSi semakin memantapkan langkahnya untuk maju sebagai calon Bupati Siak, dalam ajang Pilkada serentak Tahun 2024. Pada Senin (29/4/2024) siang, Afni mendaftarkan diri ke Kantor DPC PKB Kabupaten Siak. Sebelumnya, Afni telah terlebih dahulu mendaftar ke PDIP Siak.

Dari pantauan lapangan, Afni datang dengan didampingi ulama dan ratusan massa.

Tenaga Ahli Menteri LHK RI ini tampak menggandeng tangan ayahnya.. Di antara ulama besar Siak yang ikut mendampingi, tampak KH. M. Suyoto, dan KH.Mahfudz Aly. Sedangkan dari tokoh perempuan NU Siak tampak Bu Nyai Nurhasanah, Bu Nyai Hannah dan Bu Nyai Rohimah.

Di tempat ini, Afni dan rombongan disambut langsung Ketua DPC PKB Siak, Muhtarom dan seluruh jajaran.

Dalam sambutannya, Afni mengungkapkan, antara dirinya dengan PKB, telah terjalin hubungan dan komunikasi yang baik.

"Komunikasi politik saya dengan PKB selama ini sangat baik. Saya ikut berkampanye bersama-sama dengan banyak Caleg PKB di Pileg 2024 lalu. Dan Alhamdulillah, saya juga menjadi bagian dari pendukung mereka yang duduk di DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten. Jadi bentuk komitmen saya dengan PKB bukan lagi janji, tapi berbasis kerja dan bukti untuk bersama-sama membangun Siak yang kita cintai," kata Afni.

Anak jati kelahiran Siak Sri Indrapura ini juga mengaku sangat menghormati PKB sebagai salah satu rumah politik Nahdliyin di Kabupaten Siak.

Karena itu, sebelum mendaftar, ia sowan dan telah mengantongi restu banyak ulama kharismatik NU di Siak.

Sementara itu, Muhtarom dalam. Sambutannya mengatakan, menyambut terbuka kedatangan Dr Afni Z, MSi yang mengambil formulir pendaftaran sebagai calon Bupati Siak.

Menurutnya, dalam Pilkada serentak Tahun 2024 ini, PKB akan berdiri sebagai partai pengusung. Terkait langkah Afni, pihaknya akan memproses sesuai ketentuan yang telah diatur partai. "Semoga apa yang kita harapkan dapat berjalan lancar, " ujarnya.

Sejarah Baru

Dalam kesempatan itu, perwakilan massa pendukung, Didik Herwanto mengatakan, pendukung Afni yang ikut mengantar hari ini berasal dari massa NU, dan ini menjadi sejarah baru karena untuk pertama kalinya ada bagian dari keluarga besar NU Siak yang berani maju ke gelanggang Pilkada Siak.

"Kami mendukung tentu setelah melihat track record Bu Afni. Punya pengalaman di tingkat Nasional, profesional, putri asli Siak, dan yang terpenting beliau adalah Ketua Muslimat NU terpilih Kabupaten Siak. Ini tentu menjadi satu kebanggaan bagi kami warga NU untuk merapatkan barisan, tanpa ada keraguan memberi dukungan Bu Afni memenangkan Pilkada Siak," kata Didik.

Menurutnya, kehadiran massa pendukung Afni membawa pesan penting, bahwa warga nahdliyin Siak akan bersama-sama memperjuangkan Afni.

"Meski tidak mudah, tapi InsyaAllah suara kami solid nderek Kyai," tegas Didik. ***