TEMBILAHAN -Sampai di rumah warga Benteng Barat, Kecamatan Sungai Batang, Indragiri Hilir, Syamsuar yang merupakan Calon Gubernur Riau nomor 1 ini mengaku senang.

Padahal jalan dari Kelurahan Benteng menuju Benteng Barat ini tidaklah mulus seperti jalan di Siak, Kabupaten yang dipimpinnya selama dua periode ini.

"Alhamdulillah saya senang bisa sampai ke Desa Benteng Barat ini. Sebab sepanjang jalan saya naik sepeda motor, mata memandang luasnya sawah warga dan juga pokok kelapa warga," sebut Syamsuar saat tatap muka dengan warga Benteng Barat, Minggu (1/4/2018).

Sayangnya, lanjut Syamsuar, tanaman padi warga sebagian tidak tumbuh dengan baik akibat hama keong emas dan banjir yang kini juga dikeluhkan warga saat kampanye dialogis di Benteng.

"Saya ingin semua di wilayah Riau ini sektor pertaniannya bagus. Inhil memiliki lahan yang luas untuk pertanian khususnya untuk sektor tanaman padi, jadi masalah yang menjadi kendala selama ini harus kita carikan solusinya," sebut Syamsuar yang bertekad akan merubah kondisi pertanian di Inhil menjadi lebih baik.

Syamsuar yang dibesarkan dari seorang ayah yang pandai bertani ini mengaku sedih melihat kondisi pertanian di Inhil yang tidak berkembang. Ia bahkan memaparkan bagaimana dia sukses mengelola pertanian di Kabupaten Siak.

"Desa ini memiliki potensi yang cukuo besar. Kita perlu gerakan ekonomi kreatif termasuk pada sektor pertanian kelapa. Banyak manfaat dari kelapa mulai dari lidinya hingga buahnya," sebut Syamsuar sembari mencontohkan bagaimana mengemasnya agar memiliki nilai jual yang bahkan bisa diimport.

Sulaiman warga Benteng, mewakili petani lainnya minta Syamsuar tularkan keberhasilan pertanian di Kabupaten Siak untuk masyarakat Benteng Barat yang mayoritas bertani sawah, kepala dan sawit.

"Di sini kami memilih Cabup Nomor 1, yang merupakan putra asli kampung ini. Untuk Gubernur Riau pun kami pilih nomor 1, sama - sama satu. Kami ingin daerah kami ini maju dan masyarakat sejahtera lahir bathin," sebut Sulaiman sore itu.***