PEKANBARU - Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Pekanbaru pada Minggu (14/2018), menggelar lomba Penampilan Baris Berbaris (LPBB) II di Gor Tri Buana Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 38 tim dengan jumlah 600 peserta dari perwakilan sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas (SMA) se-Kota Pekanbaru.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Kadispora Pekanbaru Zulfahmi Adrian dan Ketua PPI Kota Pekanbaru, Irvan Herman.

Adapun tujuan kegiatan ini digelar, yakni untuk mencari dan menyeleksi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kota Pekanbaru yang akan dipersiapkan untuk HUT RI Agustus mendatang.

Para siswa yang mengikuti perlombaan baris berbaris ini beradu skil untuk memperebutkan piala bergilir dari Wali Kota Pekanbaru dan PPI Pekanbaru serta hadiah uang tunai jutaan rupiah.

Dalam sambutannya, Kadispora Pekanbaru, Zulfhami Adrian mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Mantan Kasatpol PP Kota Pekanbaru itu juga berpesan, agar peserta dan seluruh tim dapat bertanding secara sportif, profesional dan mampu menunjukkan kerja sama tim.

"Selain kemampuan, kekompakan juga dibutuhkan di pertandingan ini. Jadi selamat bertanding, semoga kalian berhasil," ujar Zulfahmi.

"Dengan demikian lomba ini saya nyatakan dibuka," tambahnya.

Sementara itu, Ketua PPI Pekanbaru Irvan Herman mengatakan, bahwa lomba penampilan baris berbaris tahun 2018 adalah kegiatan yang sudah dilakukan sejak tahun lalu, atau tepatnya hari ini adalah kegiatan yang ke-2.

"Agenda ini Insya Allah akan rutin diadakan setiap tahunnya, ini baru kali kedua kita laksanakan," ujar Irvan Herman.

Irvan Herman yang juga politisi muda di tingkat nasional ini berpendapat, bahwa kegiatan tersebut sangatlah positif.

Pasalnya kata Irvan, para remaja dapat berperan dalam mewujudkan kecintaan pada negaranya serta menumbuhkan jiwa patriot, dan disiplin.

"Dalam lomba baris berbaris ini kan tidak sendirian, tapi ini kerja sama tim. Jadi, Kekompakan sangat dibutuhkan dalam tim agar selaras," paparnya.

"Kita harapkan ke depannya Purna Paskibraka Indonesia Kota Pekanbaru semakin eksis dan terus dapat menciptakan generasi muda yang baik, handal dan berprestasi. Tunjukan kemampuan terbaik dan semangat merah putih," pungkas Irvan.***