PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Semua kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan telah memiliki penderita HIV/AIDS. Dari data yang ada saat ini, tercatat sudah ada 104 penderita penyakit HIV dan 33 penderita AIDS.

Seperti disampaikan oleh Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Pelalawan, Asril SKM, saat Seminar Hari HIV/AIDS Sedunia di Aula Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP), Senin (1/12/2014).

"Data yang ada ini belum menunjukkan kondisi sebenarnya, karena sampai sekarang masih banyak masyarakat yang belum mau memeriksakan dirinya," ujar Asril.

Dalam memperingati Hari AIDS Sedunia ini, kata Asril, pihaknya meggelar kegiatan bersama mahasiswa AKNP dan para pelajar SMA se Pangkalan Kerinci.

Terpisah, Ketua Pikma Orca AKN Pelalawan, Rahayu Kuntum Melati, mengatakan bahwa keterlibatan Pikma Orca dalam peringati hari AIDS Sedunia karena keinginan mereka sebagai kaum remaja untuk bersama-sama mencegah menyebarnya penyakit HIV/AIDS di daerah ini.

"Ibaratnya sudah jatuh tertimpa tangga jika mereka malah didiskriminasikan oleh kita. Karena itu, pada peringatan HIV/AIDS ini, kami menggelar juga Seminar bagi para siswa SMA se Pangkalan Kerinci agar mereka mengerti dan paham mengenai bahayanya serta cara mencegah penyakit HIV/AIDS," katanya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengajak agar masyarakat khususnya di Kabupaten Pelalawan untuk tidak mendiskriminasikan para Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Pembagian bunga, selebaran serta pemasangan pita yang dipusatkan di lapangan sepakbola Pangkalan Kerinci itu, diharapkan bisa menjadi bekal bagi masyarakat untuk lebih waspada terhadap bahaya HIV/AIDS.(***)