TELUKKUANTAN - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) memastikan ikut serta dalam pagelaran Expo Riau International Fashion Festival tahun 2021 yang akan diselanggarakan di Pekanbaru pada 1-4 April 2021 mendatang.

"Ini kesempatan kita untuk memperkenalkan batik Kuansing kepada masyarakat luar dan kita berharap mendapat feedback untuk kemajuan batik Kuansing," ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DiskopUKM Dagrin) Kuansing, Azhar, Kamis (18/3/2021) di Telukkuantan.

Sebagai persiapan, DiskopUKM Dagrin Kuansing telah mengumpulkan kelompok pembatik yang ada di Kuansing. Hal itu dilakukan guna mempersiapkan batik andalan yang akan ditampilkan.

"Tadi kita sudah kumpulkan, guna mempersiapkan batik andalan yang akan kita tampilkan pada iven tersebut," ujar Azhar.

Dari sini, DiskopUKM Dagrin Kuansing mendapatkan sembilan motif andalan yang akan ditampilkan. Yakni, motif jalur, motif parahu baganduang, calempong, mandulang, silat pangean, takuluak barembai, pucuk rebung, tugu carano, rumah adat dan motif corona.

Dikatakan Azhar, batik Kuansing secara perlahan sudah mulai dikenal oleh masyarakat luar. Kendati demikian, Kuansing harus memanfaatkan setiap peluang untuk kemajuan UMKM batik Kuansing.

"Karena itu, kita akan ikut kegiatan ini untuk mempromosikan batik Kuansing. Sehingga, batik Kuansing ini semakin mendunia," tutup Azhar.***