PEKANBARU - Lapangan sepakbola Sport Center Pekanbaru yang ada di Jalan Palembang, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru, Riau mulai ditanami rumput. Jenis rumput yang dipilih adalah rumput Manila, yang merupakan salah satu rumput yang direkomendasikan untuk lapangan sepakbola berstandar internasional.

Kawasan Sport Center ini dibangun diatas lahan seluas 20 hektare, selain ada lapangan sepakbola di kawasan Sport Centre ini juga bakal dibangun beberapa fasilitas olahraga bertaraf internasional.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekanbaru, Muhammad Yasir mengapresiasi Pemko Pekanbaru yang sudah membangun Sport Center yang bakal dimanfaatkan untuk pembinaan atlet guna meraih prestasi.

“ Dengan dibangunnya kawasan Sport Center Tenayan ini lahannya lebih kurang 20 hektar dapat digunakan sebagai fasilitas olahraga bertaraf Nasional. Kami akan mendorong terus, karena ini bisa dimanfaatkan untuk mencetak atlet berprestasi,” ujar Yasir, Kamis (4/8/2022).

Sebelumnya Penanaman rumput Perdana dilakukan oleh Pj Walikota Muflihun didampingi oleh Sekda M Jamil, Kapolresta Pekanbaru, Kadispora Zulfahmi Adrian dan Kadis PUPR Indra Pomi serta Sekdis PU Perkim Penanaman rumput ini sebagai tanda dibangunnya kawasan Sport Center.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian menerangkan rumput yang ditanam merupakan rumput yang berjenis Zoysia Matrella.

"Rumput ditanam di media pasir. Jadi, penanaman rumput itu bukan di tanah yang hitam. Rumput ini lazim dikenal sebagai rumput Manila, rumput ini asli produk dalam negeri," terangnya.

Dengan menggunakan rumput berstandar internasional atau mengacu pada induk sepakbola dunia FIFA, Zulfahmi optimis lapangan sepakbola ini bisa digunakan untuk pertandingan internasional.

"Kami juga sedang mengerjakan pagar di sekeliling stadion. Kami juga menyiapkan juga sistem irigasi dan penyiraman rumput secara otomatis," bebernya.

Sistem penanaman rumput jenis Manila ini bisa dilakukan dengan tiga cara, pertama melalui Seeding Begging atau penyebaran biji rumput. Kedua, sistem penanaman Stolon atau menanam batang rumput. Ketiga, penanaman lembaran rumput yang sudah berkotak-kotak.

Dan untuk lapangan sepakbola yang ada di kawasan Sport Center ini digunakan dengan sistem Stolon.

Sementara itu Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun berpesan agar kualitas rumput untuk tetap dijaga. Dan dia mewanti-wanti agar lapangan sepakbola ini jangan sampai terlantar karena tidak ada pemeliharaan.

"Kualitas rumput dijaga agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," pesannya. ***