PEKANBARU - Mahasiswa Universitas Riau (Unri) melakukan kuliah kerja nyata (Kukerta) di Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Salahsatu mahasiswa Unri yang menjadi relawan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sania Dwi Mulia mengatakan, bahwa selama di sana, ia membantu tim satgas penanganan Covid-19 untuk mensosialisasikan protokol kesehatan guna pencegahan Covid-19.

Yang mana, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota sebelumnya telah membentuk beberapa posko di beberapa daerah, diantaranya ada di Kecamatan Lareh Sago Halaban.

"Kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan, wajib memakai masker, dan juga penyemprotan disinfektan. Untuk di jalan raya, kami melakukan pendataan pengendara, pengecekan suhu tubuh serta menyediakan tempat cuci tangan untuk umum," kata Sania kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Rabu (12/8/2020).

Dengan adanya langkah pencegahan Covid-19, ia pun berharap resiko penularan Covid-19 dapat ditekan.

"Asalkan masyarakat tidak melanggar protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh pemerintah. Sebisa mungkin jika tidak terlalu penting tidak usah keluar dari rumah, dan apabila terdesak diharapkan kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan pemerintah untuk menggunakan masker dan menjaga jarak satu sama lain. Insya Allah penularan Covid-19 dapat dicegah," ujarnya. (rls)