SURABAYA - Seorang mahasiswa sebuah Perguruan Tinggi di Surabaya ditangkap tim Anti Bandit dan dijebloskan ke sel tahanan Polsek Rungkut.Penyebabnya lantaran mencuri sepeda gunung (onthel) di Perumahan Taman Rivera Regency P/35 Medokan Ayu, Rungkut, Surabaya.

Mahasiswa yang mencuri itu, yakni M Fajar Arifin (22). Ia yang berasal dari Ngagel Rejo, Wonokromo Surabaya ini ketahuan mencuri sepeda bersama temannya, Irfan Abdul Aziz (22), Lampa, Gersik.

Keduanya mencuri sepeda merek Polygon milik Firmansyah Setyo Ari Wibowo (29), warga Perumahan Taman Rivera Regency P/35 Medokan Ayu, Rungkut, Surabaya, 18 Sepetember 2017 pukul 21.00 Wib. Kapolsek Rungkut Esti Setija menjelaskan, kejadian pencurian sepeda ini diketahui kali pertama oleh korban.

"Korban mendengar suara seperti orang memukul-mukul besi di teras rumahnya, setelah dilihat ternyata ada orang yang mengambil sepeda," sebut Esti, Rabu (20/9/2017).

Mengetahui ada maling mengambil sepeda merk Polygon miliknya, korban keluar rumah dan ternyata sepedanya sudah diangkut pelaku memakai mobil Toyota Avanza hitam dengan L 1821 FV yang dibawanya.

Korban pun berusaha menggagalkan pencurian. Korban berteriak maling dan berusaha menghadang mobil yang dibawa pelaku. "Korban sempat menghadang mobil, tapi pelaku berusaha menabrak korban dan kabur," tutur Esti.

Setelah lepas dari hadangan korban, pelaku tancap gas melarikan mobilnya meninggalkan lokasi. Korban tidak menyerah, ia mengejar mobil pelaku sambil teriak-teriak maling.

Teriakan korban mengundang perhatian warga dan sekuriti perumahan. Pintu portal akses menuju keluar perumahan pun ditutup sekuriti. Pelaku dan mobil akhirnya tak berkutik dan ditangkap warga dan sekuriti. Nyaris warga emosi, tapi bisa diredam.Tim Anti Bandit Polsek Rungkut yang sedang patroli tak jauh dari lokasi kejadian, akhirnya mendengar adanya pencurian dan mendatangi TKP. Dua pencuri diamankan dan dibawa ke Mapolsek Rungkut.

"Kami juga mengamankan barang bukti, sepeda onthel, gunting pemotong besi dan mobil yang dipakai sarana oleh pelaku," ucap mantan Kapolsek Gayungan Surabaya ini.***