BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Berbagai macam produk kerajinan tangan dipajang dalam stand Rohil pada MTQ XXXIII di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Produk itu diantaranya berbagai jenis mukena, hasil bordiran serta makanan dari seluruh kecamatan.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah, Lena mengatakan, produk kerajinan daerah khusus kabupaten Rokan Hilir adalah kacang pukul, Misua serta berbagai jenis kerupuk yang berasal dari bahan yang berbeda. Dengan stand yang lebih besar dibanding dengan tahun lalu, maka produk yang dipajang akan lebih banyak dan lebih lengkap sehingga lebih mudah tertata karena tempatnya lebih menarik.

Dengan adanya promosi melalui stand ini, kata Lena, diharapkan produk yang dipajang akan lebih dikenal orang karena selama ini pesanan yang datang bukan hanya berasal dari provinsi, malahan sudah datang dari pusat. ''Kita mengharapkan orang akan banyak berbelanja disini. Selain karena produknya lebih lengkap, areal stand juga lebih luas,'' kata Lena.

Sementara itu, ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Rokan Hilir, Wan Mardiana Suyatno, mengatakan, kreatifitas hasil dari kerajinan tangan dari para Ibu PKK semakin lama kian ada kemajuan. Produk yang dibuat juga lebih bervariatif. ''Kemarin kita ada juga membuat tepak dan alas meja. Produk itu sudah banyak dijual. Dan setiap pameran pasti akan kami bawa,'' kata Wan Mardiana kepada GoRiau.com.

''Setiap perlombaan atas hasil kerajinan selalu mendapat juara satu. Mudah mudahan kali ini kita juga akan mendapat predikat yang sama,'' harap Mardiana.

Di tempat yang sama, Bupati Rokan Hilir Suyatno A.Mp usai meninjau stand Rohil menyebutkan bahwa stand Rohil terbilang cukup bagus. Ditambah petugas juga sudah bekerja selama 20 hari untuk membangun. Dirinya sangat memberikan apresiasi kepada panitia serta petugas yang telah mengkoordinir selama ini.

''Memang materi dalam stand Rohil banyak berasal dari kerajinan tangan. Ini salah satu bentuk kepedulian kita dalam ajang MTQ Propinsi Riau. Mudah mudahan, Rokan Hilir menjadi stand yang terbaik,'' kata Suyatno. (amr)