KAMPAR - Untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), TMMD ke-105 Kodim 0313/KPR telah menyiapkan enam posko karhutla di Desa Bulu Nipis, Kecamatan Siak Hulu, Kampar, yang masuk dalam wilayah Koramil 06/SH.

Danramil 06/SH Kapten Arm Hadi Prayitno yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu langkah mitigasi bencana karhutla di wilayah Provinsi Riau, khususnya di Wilayah Kodim 0313/KPR, Siak Hulu.

Pendirian posko ini pun diawali dengan memenuhi sarana dan prasarananya, yaitu menyiapkan sebuah rumah yang dilengkapi dengan perabotan meja, kursi, tempat tidur satyas dan spanduk imbauan dilarang membakar hutan. Di mana, nantinya posko tersebut akan ditempati oleh satgas Karhutla Koramil 06/SH.

"Mereka yang bertugas di posko-posko ini akan berorientasi pada upaya pencegahan dan pelaksanaan kegiatan patroli rutin dan sosialisasi kepada masyarakat baik dengan mendatangi rumah-rumah penduduk ataupun memanfaatkan iven atau momen di mana massa atau masyarakat sedang berkumpul," kata Danramil 06/SH Kapten Arm Hadi Prayitno di Kampar, Rabu (17/7/2019).

Ia pun berharap dengan adanya enam posko karhutla ini dapat meminimalisir dan menghilangkan opini masyarakat untuk membuka lahan dengan cara membakar. Sehingga kedepan tidak ada lagi terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kodim 0313/KPR.

"Kami berharap kedepan riau khususnya kabupaten kampar bebas karhutla," ujar Kapten Arm Hadi Prayitno. ***