PEKANBARU, GORIAU.COM - Cukup mengejutkan, Rapat Kordinasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) se-Indonesia yang berlangsung pada 20-21 November 2013 di Jakarta memutuskan Liga Amatir Divisi II dan Divisi III dihapuskan mulai 2014 mendatang.

Kemudian keduanya akan dilebur menjadi Piala Nusantara. Demikian disampaikan Sekretaris Asosiasi PSSI Riau, Zulfahmi Adrian kepada GoRiau.com, Jumat (22/11/2013). "Jadi untuk Divisi II dan III diputuskan akan dilebur menjadi Piala Nusantara, hal ini tertuang dan diputuskan pada rapat di Jakarta kemarin," kata Zulfahmi.

Perubahan ini dilakukan karena terjadinya peralihan 'Pengprov' PSSI menjadi 'Asosiasi' PSSI. Dimana dulunya, semua divisi berada di bawah pengawasan Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI), sekaligus petunjuk pelaksanaannya juga didapuk dari BLAI.

Kemudian kali ini seluruhnya akan diserahkan kepada Asosiasi PSSI Provinsi untuk kemudian dilebur menjadi Piala Nusantara terkait peralihan nama tadi. "Dulunya kita masih menggunakan pengprov, namun saat ini sudah disepakati menggunakan asosiasi," tukas Zulfahmi.

Sementara bagaimana nasib Divisi I Liga Amatir? Dikatakan Zulfahmi, untuk Divisi I masih tetap akan digulir hingga 2015 mendatang. Dikarenakan sejumlah tim terbaik di masing-masing zona sudah meloloskan diri ke promosi Divisi I. Seperti misalnya Rumbai FC yang memastikan tempat di Divisi I.

"Tidak mungkin untuk Divisi I akan dilebur sekaligus, karena beberapa tim terbaik sudah memastikan diri promosi ke Divisi I. Untuk menghargai itu, khusus Divisi I akan tetap dilangsungkan hingga 2015 mendatang," lanjut Zulfahmi.(tri)